Frederic Bid : Perbatasan Harus Dibangun dengan Sinergi

SAMARINDA - BPPD Kaltim terus melakukan koordinasi dengan semua SKPD Teknis di lingkungan Pemprov Kaltim terkait dengan permasalahan perbatasan terutama di wilayah kabupaten Mahakam Ulu (Mahulu).

"Permasalahan perbatasan memang harus terus dikoordinasikan dengan semua instansi teknis. Kami dari BPPD Kaltim juga akan berjuang bersama dengan Pemkab Mahulu agar pembangunan cepat terwujud, terutama pembangunan infranstruktur jalan darat. Harus ada peningkatan karena hingga saat ini hanya kendaraan double gardan yang bisa melintas," kata Kepala Badan Pembangunan Perbatasan Daerah (BPPD) Kaltim Frederik Bid.

Frederik Bid yang sempat menjadi Pj Bupati Kabupaten Mahakam Ulu ini menilai peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) juga harus dilakukan di Kabupaten Mahulu agar warganya dapat bersaing dengan daerah lain.

"Lima sampai sepuluh tahun yang akan datang menjadi tantangan yang cukup berat. Tentunya, masyarakat setempatlah yang kita harapkan. Nanti jika semuanya telah tersedia dan infrastruktur telah sempurna maka dengan sendirinya orang dari luar daerah akan ikut berpartisipasi membangun Mahulu,” yakin Frederic Bid.

Frederik menambahkan, sarana komunikasi dan penerangan yang masih terbatas di Mahulu perlu juga diperjuangkan untuk menunjang generasi muda dalam memperoleh berbagai informasi. Pasalnya, jaringan seluler yang berada di Mahulu masih berada pada level jaringan GSM standar yaitu teknologi generasi kedua (2G).

"Jaringan perlu ditingkatkan agar dapat memperoleh informasi yang lebih cepat. Tidak hanya digunakan untuk berkomunikasi saja. Tapi, juga mengakses data dengan jaringan EDGE atau 3G. Agar bisa diakses lebih luas lagi, bisa juga lamin adat di fasilitasi wifi sehingga masyarakat dan pelajar bisa berkumpul dan bertukar informasi karena selama ini lamin-lamin adat tersebut hanya ramai jika ada suatu event saja,” katanya.

Frederik berharap bupati definitif segera melakukan langkah atau upaya yang dapat bersinergi dengan langkah atau upaya yang dilakukan oleh BPPD Kaltim dalam mewujudkan pembangunan di wilayah perbatasan.

“Saya pernah menjadi Pj Bupati di sana, saya juga memahami situasi daerah di sana. Maka mari kita berjuang bersama untuk sinergitas membangun wilayah perbatasan Kabupaten Mahakam Ulu,” katanya. (rus/sul/es/hmsprov)

Berita Terkait
Government Public Relation