Galakkan Beasiswa dari Perusahaan

SAMARINDA-Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak memberikan apresiasi yang tinggi terhadap PT Pupuk Kaltim yang memiliki perhatian besar membantu pembangunan pendidikan di daerah ini, salah satunya dengan program beasiswa bagi putra putri Kaltim untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

“Pupuk Kaltim patut dicontoh perusahaan besar yang lain. Mana PT Total, Vico dan lainnya. Semua harus mencontoh Pupuk Kaltim. Ini sangat sesuai dengan arahan saya. Pupuk Kaltim merespon, alhamdulillah terwujud. Saya bangga dengan apa yang dilakukan PT Pupuk Kaltim,” kata Awang Faroek Ishak ketika pelepasan mahasiswa ITK dan ISBI serta program beasiswa pendidikan dari PT Pupuk Kaltim di Halaman Kantor Gubernur Kaltim,  Kamis (15/8).

Awang menyebutkan, dari sekian banyak perusahaan besar yang tersebar di Kaltim, hanya Pupuk Kaltim yang transparan melaporkan program Coorporate Social Responsibility (CSR) mereka untuk peningkatan kualitas pendidikan.

Menurut gubernur, sukses pembangunan di daerah akan sangat bergantung pada kesiapan  kualitas sumber daya manusianya. Karena itu, Awang bertekad untuk terus meningkatkan kualitas SDM di Kaltim dengan program beasiswa setiap tahun serta menginstruksikan kepada seluruh perusahaan baik perkebunan, pertambangan dan migas untuk melaksanakan CSR dengan memberikan bantuan beasiswa bagi anak-anak di Kaltim.

Awang menegaskan, jangan sampai ribuan perusahaan tambang dan migas mengambil kekayaan alam di Kaltim, tetapi tidak memberikan sumbangsih kepada masyarakat. “Saya berkomitmen untuk memperjuangkan itu semua, sehingga kesejahteraan rakyat dapat terwujud. Misal, jalan yang rusak dapat diperbaiki, listrik dapat dinikmati masyarakat, air bersih juga dapat dinikmati. Karena itu, saya tetap berjuang agar seluruh perusahaan dapat memberikan CSR untuk kepentingan masyarakat,” tegas gubernur.

Sementara kepada para pelajar yang mendapat beasiswa pemerintah, diharapkan, setelah lulus mereka bisa kembali ke daerah dan berpartisipasi untuk membangun daerah. “Saya berharap seluruh perusahaan di Kaltim dapat meniru Pupuk Kaltim. Saya yakin jika ribuan perusahaan batu bara dapat meniru Pupuk Kaltim, maka tidak ada lagi anak-anak di Kaltim yang putus sekolah,” sindir gubernur.(jay/hmsprov)

Berita Terkait
Government Public Relation