Galakkan Kasih Sayang pada Orang Tua

Peringatan Hari Lanjut Usia Nasional di Kaltim


SAMARINDA – Momentum Peringatan Hari Lanjut Usia Nasional  yang digelar Minggu pagi (9/6) di halaman Kantor Gubernur Kaltim, dimanfaatkan Gubernur Awang Faroek Ishak untuk mengajak warga Kaltim menggalakkan kasih sayang kepada para orang tua, terutama terhadap para lanjut usia (Lansia).
Gubernur mengatakan, kasih sayang terhadap Lansia harus terus ditingkatkan. Ini akan menjadi bukti kasih sayang seorang anak kepada orang tua yang selama ini telah membina dan mendidik serta merawat hingga dewasa. Kasih sayang kepada orang tua sebaiknya dilakukan  di rumah sendiri. Namun jika ditemui banyak kendala, maka  masyarakat bisa menitipkannya di panti jompo.
“Kasih sayang kepada orang tua harus dilakukan, terutama oleh generasi muda. Karena, tanpa dukungan dari yang muda, maka orang tua tidak akan bisa merawat dirinya sendiri,” kata Asisten Bidang Pemerintahan Umum Pemprov Kaltim Aji Sayid Fatur Rahman mewakili Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak usai menghadiri peringatan Hari Lanjut Usia Nasional yang digelar di halaman Kantor Gubernur Kaltim, Ahad (9/6).
Menurut dia, memberikan kasih sayang kepada orang tua yang lebih utama adalah bagaimana merawatnya di rumah dengan baik, sehingga kasih sayang terhadap orang tua tidak terabaikan oleh keluarga, khususnya anak.
Jika memang harus dititipkan di panti jompo, maka pihak keluarga harus menyiapkan dokter khusus untuk orang tua tersebut, termasuk psikolog yang menangani.
“Jika diperhatikan dari lingkungan keluarga, tentu rasa sayang itu akan lebih baik. Wujudnya macam-macam. Karena orang tua perlu perhatian yang lebih ekstra. Bahkan, orang tua juga memerlukan kebutuhan yang berbeda dengan orang yang muda dari mereka. Misalnya makanan,” jelasnya.
Sementara itu, Kepala Dinas Sosial H Bere Ali berharap seluruh masyarakat di Kaltim dapat mempererat peran keluarga. Artinya, para keluarga diharapkan meningkatkan perannya dalam mengasihi dan menyayangi para Lansia dengan penuh hangat dan memberikan kasih sayang yang tulus.
Dalam peringatan tersebut Pemprov Kaltim juga memberikan bantuan, berupa jaminan sosial lanjut usia kepada 650 orang selama 12 bulan yang masing-masing mendapatkan Rp200 ribu per bulan. Total bantuannya mencapai Rp1.560.000.000. Kemudian, bantuan home care lanjut usia untuk 50 orang selama 6 bulan yang masing-masing senilai Rp300 ribu dengan total bantuan mencapai Rp90.000.000. Bantuan usaha ekonomi produktif lanjut usia melalui APBN untuk 100 orang yang masing-masing mendapatkan Rp1.500.000  dalam bentuk cash transfer dan bantuan dari APBD untuk 100 orang yang masing-masing mendapatkan Rp3.000.000  dalam bentuk barang. Pemberian alat bantu kursi roda, tongkat ketiak, hearingaid melalui APBD untuk 80 orang yang nilainya masing-masing Rp1.200.000. Serta bantuan melalui LKS sebanyak 45 orang yang nilainya masing-masing mendapatkan Rp1.095.000 dengan total bantuan tersebut mencapai Rp49.275.000 dalam bentuk cash transfer. (jay/hmsprov).

//Foto: Asisten Bidang Pemerintahan Umum Pemprov Kaltim Aji Sayid Fatur Rahman memotong tali balon Penggalakkan Kasih Sayang kepada Orang Tua. (jaya/humasprov kaltim).
 

Berita Terkait
LENSA KALTIM MAJU 2018
LENSA KALTIM MAJU 2018

02 Februari 2015 Jam 00:00:00
Sosial

Swasembada Harus Segera Diwujudkan
Swasembada Harus Segera Diwujudkan

08 Februari 2014 Jam 00:00:00
Sosial

Pengawasan Hingga Usia 18 Tahun
Pengawasan Hingga Usia 18 Tahun

11 April 2014 Jam 00:00:00
Sosial