Gebernur Paparkan Kemajuan Pembangunan Kaltim

Terima Siswa Dikreg Polri Angkatan ke - 21


SAMARINDA - Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak menerima kunjungan tujuh siswa Dikreg (Pendidikan Reguler) angkatan ke-21 Sekolah Staf dan Pimpinan Tinggi (Sespimti) Polri, di ruang rapat Kantor Gubernur Kaltim, Rabu(27/3).  
Pada kesempatan itu, Gubernur Awang Faroek Ishak mengatakan, Pemprov Kaltim terus memantapkan dan meningkatkan daya saing ekonomi melalui program-program prioritas yang pro rakyat.
Sejumlah program besar terus dilakukan, yakni Kawasan Industri Kariangau (KIK) Balikpapan, Pelabuhan Petikemas Palaran Samarinda, Kawasan Industri Gas dan Kondensat di Bontang, Kawasan Industri dan Pelabuhan Internasional (KIPI) Maloy Kutai Timur.
Selanjutnya, Kawasan Industri Food dan Rice Estate di sejumlah kabupaten, dengan tahap awal pengembangan 50 ribu hektare di kawasan Delta Kayan Bulungan, Kawasan Industri Pariwisata Pulau Derawan dan sekitarnya di Berau dan kawasan strategis di daerah perbatasan.
"Selain, program tersebut masih ada program pro rakyat lainnya, yakni bantuan dan perlindungan sosial, beasiswa masyarakat miskin, Puskesmas 24 jam," jelasnya.
Menurut dia, pembangunan infrastruktur akses transportasi darat, laut dan udara harus dilakukan. Meskipun di Samarinda dibangun Bandara Samarinda Baru (BSB), untuk mendukung pembangunan Kaltim tetap perlu juga dibangun jalan Tol Balikpapan - Samarinda.
"Pembangunan jalan Tol Balikpapan - Samarinda bukan hanya untuk memudahkan akses transportasi masyarakat, tapi ke depan akan menjadi urat nadi perekonomian. Jalan bebas hambatan (freeway) ini akan mendukung pengembangan tujuh lokus industri, seiring ditetapkannya Kaltim sebagai salah satu koridor ekonomi nasional," ujarnya.
Sementara itu, pimpinan rombongan Brigjen Pol Zainudin Lubis, menjelaskan, kunjungan ini sebagai ajang belajar bagi para siswa calon pemimpin kepolisian RI, untuk mendapat masukan dari gubernur tentang perkembangan pembangunan di wilayah Kaltim yang semakin maju.
"Sedangkan sasaran kunjungan ini juga mendengarkan tentang penanganan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kabtimbas) yang terjaga dengan baik sehingga Kaltim dalam kondisi kondusif. Meskipun ada gesekan-gesekan kecil namun mampu diatasi dengan baik, hal itu terjadi antara lain  berkat kerjasama  pemerintah dengan jajaran kepolisian serta dukungan seluruh lapisan masyarakat," ujarnya.
Dia juga memuji Gubernur Awang Faroek yang mampu menjalin kemitraan dengan kepolisian, hal ini dibuktikan gubernur dengan turun langsung ke lapangan jika terjadi konflik bersama-sama Polri untuk segera diselesaikan,  contohnya kasus Tarakan.
"Kedekatan jajaran kepolisian bersama gubernur jika terlihat pimpinan Polri memberikan warga kehormatan Brimob kepada Gubernur Awang Faroek Ishak," ungkapnya.  (sar/hmsprov).

////Foto : Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak menerima cendera mata dari Brigjen Pol Zainudin Lubis.(johan/humasprov kaltim)


 

Berita Terkait