Gedung Joeang '45 Wadah Revmen Pemuda

Gedung Joeang '45 yang baru diresmikan Gubernur Awang Faroek Ishak. (seno/humasprov)

 

SAMARINDA – Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak sangat berharap Gedung Joeang 45 yang ditempati Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Kaltim bisa menjadi wadah revolusi mental (revmen) bagi pemuda. Dia menginginkan gedung tersebut tidak semata sebagai tempat kerja tapi memberikan manfaat besar bagi pembangunan dan pendidikan karakter generasi penerus bangsa. “Saya ingin jadikan Gedung Joeang itu sebagai salah satu sumber inspirasi dan tempat pelatihan,” katanya saat menerima jajaran DPP LVRI di VVIP Room Lamin Etam, Senin (23/4).

 

Diungkapkan gubernur bahwa saat ini pemerintah sudah memiliki peraturan daerah (perda) terkait pendidikan empat pilar kehidupan berbangsa dan bernegara bagi siswa sekolah. Jadi lanjutnya, siswa di semua tingkatan dari jenjang pendidikan sekolah dasar (SD), SMP dan SMA hingga mahasiswa perguruan tinggi wajib diajarkan kembali empat pilar tersebut.

 

Empat pilar terdiri Pancasila, Undang-Undang Dasar (UUD) 1945 dengan empat kali amandemen, Bhineka Tunggal Ika dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). “Kalau setuju. Kita datangkan instruktur dari LVRI untuk memberikan materi pada pelatihan pendidikan karakter bagi siswa-siswi sekolah di Kaltim,” harapnya.

 

Pendidikan dapat dilakukan secara bergiliran bagi semua tingkatan pendidikan dan semuanya dilaksanakan di Gedung Joeang ’45 DPD LVRI Kaltim. Awang menegaskan pendidikan empat pilar sangat penting bagi generasi penerus agar mampu membangkitkan dan meningkatkan semangat nasionalisme dan jiwa patriotisme. Apalagi saat ini lanjutnya, pendidikan terkait moral dan sejarah perjuangan bangsa masih sedikit jam pelajarannya di sekolah-sekolah maupun perguruan tinggi. “Saya sangat berharap ini bisa segera terwujud sehingga generasi penerus bangsa ini memiliki karakter dan mental kebangsaan yang kuat serta menghargai perjuangan para pendahulu negara ini,” harap Awang Faroek. (yans/sul/humasprov)

Berita Terkait
Government Public Relation