Gelar TTG Provinsi Diikuti Kaltara Dan Kalsel

Gelar TTG Provinsi Diikuti Kaltara Dan Kalsel

SAMARINDA-Gelar Teknologi Tepat Guna (TTG) Provinsi II Kaltim bakal lebih semarak karena akan diikuti 5 kabupaten/kota dari Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) dan 3 kabupaten dari provinsi tetangga, Kalimantan Selatan (Kalsel). Sedangkan tuan rumah Kalimantan Timur akan diikuti 10 kabupaten/kota. Peserta TTG  diperkirakan mencapai 1.000 orang.

Lima kabupaten/kota dari Kaltara yakni Bulungan, Malinau, Tana Tidung, Nunukan dan Tarakan. Sementara 3 kabupaten dari Kalsel adalah Kabupaten Kota Baru, Tanah Bumbu dan Kabupaten Tanjung.

“Pelaksanaan acara dipusatkan di Telaga Ungu Kabupaten Paser, 26 hingga 28 April 2014 mendatang. Sebelumnya, Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak akan meresmikan Gedung Unit Pelaksana Kegiatan (UPK) Kecamatan Kuaro yang merupakan juara pertama tingkat Kabupaten Paser. UPK ini juga mendapat bantuan Pemprov Kaltim sebesar Rp300 juta,” kata Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPM-PD) Kaltim HM Jauhar Efendi didampingi Kepala Bidang Teknologi Tepat Guna (TTG), Ramadhan Sabirin di Kantor BPPMD Kaltim, Senin (14/4).

Jauhar menambahkan, pelaksanaan TTG ini akan mencari temuan baru terkait tehnologi tepat guna yang dapat menjadi unggulan pada pelaksanaan TTG Nasional (TTG-N) yang  akan digelar di Samarinda, Juni mendatang. 

“Karya TTG terpilih akan menjadi obyek bagi peserta TTG Nasional, sehingga karya daerah akan dikenal secara nasional. Terutama dapat diketahui Presiden Republik Indonesia saat membuka TTG Nasional yang digelar di Komplek Stadion Utama Madya Sempaja Samarinda,” jelasnya.

Selain kabupaten/kota se-Kaltim, Kaltara dan Kalsel, TTG Provinsi juga diikuti sejumlah perusahaan, Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) se-Kabupaten Paser. Masyarakat hendaknya dapat memanfaatkan gelaran ini untuk memilih dan menetapkan pilihan teknologi tepat guna yang diinginkan. (jay/sul/hmsprov)

 

Berita Terkait