Gelar TTGN XVI Kaltim Dinilai Sukses

Gelar TTGN XVI Kaltim Dinilai Sukses

 

SAMARINDA - Direktur Sumber Daya Alam (SDA) dan Teknologi Tepat Guna (TTG) Perdesaan Ditjen Pemberdayan Masyarakat dan Desa (PMD) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Yuliati menyatakan penyelenggaraan Gelar TTGN XVI 2014 di Kaltim berlangsung sukses.

Kesuksesan tersebut dibuktikan animo masyarakat yang bergitu besar untuk mengetahui berbagai penampilan TTG unggulan yang ditampilkan masing-masing daerah, sehingga berdampak besar bagi perekonomian warga setempat.

“Alhamdulillah, jika melihat kunjungan yang dilakukan masyarakat selama pelaksanaan ini, menunjukkan bahwa Gelar TTG-N di Kaltim berlangsung sukses. Sebab, kesuksesan tersebut dapat dinilai, karena tingkat kunjungan masyarakat yang sangat tinggi terhadap kegiatan tersebut,” kata Yuliati usai penutupan Gelar TTG-N XVI 2014 Kaltim, di Komplek Stadion Madya Sempaja Samarinda, Senin (23/6).

Dari kunjungan tersebut, masyarakat banyak belajar dan melihat tentang teknologi tepat guna di masing-masing daerah. Bahkan tidak menutup kemungkinan, masyarakat yang berkunjungan berupaya mencoba teknologi yang ditampilkan tersebut, guna mendukung peningkatan usaha masyarakat.

Karena itu, tingkat kunjungan merupakan tolok ukur kesuksesan pelaksanaan tersebut. Jika berdasarkan kunjungan masyarakat yang datang ketika Gelar TTG-N sebelumnya, pelaksanaan ini selalu berlangsung meningkat, termasuk di Kaltim.

“Saya melihat semakin banyak. Apalagi, peserta juga semakin banyak. Bahkan, tahun ini seluruh provinsi turut serta meramaikan. Karena, setiap provinsi tahun ini membawa banyak tampilan TTG. Contohnya Jawa Timur yang membawa 26 kabupaten yang turut serta meramaikan kegiatan ini. Bahkan, setiap kabupaten bisa menampilkan empat teknologi tepat guna. Jadi, pelaksanaan TTG-N di Kaltim betul-betul sukses,” jelasnya.

Tidak heran apabila stand yang terisi mencapai 400 unit. Selain itu, Kementerian Dalam Negeri sangat berterimakasih atas keberhasilan pelaksanaan ini. Diharapkan pelaksanaan tersebut dapat memberikan pengaruh yang besar terhadap upaya pemberdayaan masyarakat yang ingin sukses di masa datang.

Sementara itu, Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPM-PD) Kaltim HM Jauhar Efendi mengatakan sangat berterimakasih bahwa Gelar TTG-N XVI di Kaltim berlangsung sukses dan aman.

“Semua ini, adanya keterlibatan seluruh komponen daerah, mulai SKPD terkait, Badan Usaha Milik Negara, Badan Usaha Milik Daerah dan asosiasi-asosiasi pengusaha yang mendukung kegiatan acara ini mulai dari jasa perhotelan, katering, transportasi baik darat, laut dan udara, Usaha Mikro, Kecil dan menengah hingga Lembaga Swadaya Masyarakat, Lembaga Pendidikan baik formal maupun informal,” ujarnya.

Demikian juga peran  media massa-TVRI/RRI dan swasta, media cetak lokal, nasional dan wartawan daerah, nasional serta seluruh lapisan masyarakat yang berpartisipasi aktif guna suksesnya penyelenggaraan, sehingga Kaltim mampu menjadi tuan rumah yang baik.(jay/sul/es/hmsprov)

////FOTO : Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak menyerahkan piagam penghargaan  kepada Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPM-PD) Kaltim HM Jauhar Efendi, atas penilaian stan terbaik pada gelar TTGN-XVI.(fajar/humasprov)

 

Berita Terkait