Generasi Cerdas Makan Ikan

Gubernur  Kukuhkan  Forikan Kaltim

SAMARINDA - Pemprov Kaltim bertekad memberikan kemakmuran bagi masyarakatnya untuk mempersiapkan generasi bangsa yang sehat dan cerdas melalui  peningkatan makan ikan. Penegasan tersebut disampaikan Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak, dalam acara Pengukuhan Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) dan sosialisasi gerakan memasyarakatkan  makan  ikan di Ruang Ruhui Rahayu Kantor Gubernur Kaltim, Sabtu (6/6).

"Saya yakin melalui beberapa kegiatan khususnya melalui gerakan memasyarakatkan makan ikan, kemandirian pangan khususnya yang berbasis ikan  di Kaltim, dapat membangun kesadaran semua lapisan masyarakat gemar mengkomsumsi ikan," kata Awang.

Dalam kesempatan tersebut Awang Faroek meminta kepada chep restoran hotel, agar dapat berkreasi menciptakan menu-menu yang berasal dari ikan, khususnya ikan-ikan yang ada di Kaltim, baik itu ikan patin, ikan pipih (beladah) dengan nama yang mudah diingat, seperti Stik Borneo Ikan Patin ataupun Stik Borneo  Ikan Belida. Dengan demikian Kaltim bukan saja terkenal dengan potensi wisatanya, tetapi juga kuliner-kuliner dari ikannya.

"Bukan saja chep restoran hotel,  tetapi diharapkan warung-warung makan juga bisa menyajikan menu ikan. Hal ini untuk memenuhi kebutuhan konsumsi protein masyarakat dari ikan," pinta Awang.    

Sementara Kepala Dinas Perikanan Kaltim Iwan Mulyana mengatakan Dinas Kelautan dan Perikanan akan memromosikan  konsumsi ikan, kepada seluruh lapisan  masyarakat terutama untuk anak-anak dan balita, ibu-ibu hamil dan menyusui serta para lansia.

Kerjasama akan dilakukan dengan PKK yang telah menandatangani MoU beberapa tahun lalu. PKK  memiliki kinerja dan jaringan  yang strategis karena dalam melakanakan program bersentuhan langsung dengan masyarakat, khususnya kaum ibu.

Lomba memasak serba ikan kali ini diikuti 17 peserta dari dinas/instansi di lingkungan Pemprov Kaltim. Sedangkan lomba ikan cupang diikuti kurang lebih 500 ikan cupang, dengan peserta dari berbagai daerah. Beberapa peserta bahkan berasal  dari luar Kaltim.

Usai mengukuhkan Hj. Ence Amelia Suharni Faroek sebagai Ketua  Forikan Kaltim, Gubernur Awang Faroek Ishak kemudian melakukan peninjauan kontes ikan cupang hias dan lomba memasak serba ikan  yang berlangsung di Halaman Kantor Gubernur, serta menghibur peserta lomba dan penonton dan undangan dengan  membawakan dua buah lagu. (mar/sul/hmsprov)

 

/Foto: KEMANDIRIAN PANGAN. Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak mengukuhkan Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) Kaltim.(umar /humasprov kaltim).

Berita Terkait