Generasi Millenial Cintai Produk Lokal, Membumikan dan Membudayakan Batik Khas Kaltim

Hj Norbaiti Isran Noor.(dok humasprovkaltim)

SAMARINDA - Ketua Umum Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kaltim Hj Norbaiti Isran Noor berharap generasi millenial lebih mencintai produk lokal. Menurut dia, banyak dan berbagai jenis produk lokal yang dilakoni para pelaku usaha daerah telah dihasilkan.

Diantaranya, kain sarung bermotif batik maupun kain batik khas kabupaten dan kota di Benua Etam. "Produk tersebut baik kain batik maupun sarung batik. Saat ini bisa dibuat menjadi busana atau berbagai jenia pakaian. Saya rasa generasi millenial bisa menggunakan dan mempromosikan produk ini," ungkap Norbaiti, baru-baru ini usai mengikuti Festival Sarung Indonesia 2019 di Jakarta.

Lebih lanjutnya, Ketua Dekranasda Kaltim ini meyakini peran generasi millenial ini mampu mengangkat kegemaran maayarakat menggunakan produk lokal. Saat ini diakuinya, banyak batik khas daerah dikerjakan para desainer mode menjadi busana bercorak khas daerah yang sangat bagus dan menarik.

Selain itu, sekolah-sekolah sudah menggunakan baju batik khas Kaltim. Model ini menurut Norbaiti bisa pula dilakukan generasi millenial.

Bagi Norbaiti, apabila batik khas daerah telah membumi dan membudaya di semua lapisan masyarakat maka mampu menggerakkan ekonomi di daerah.

"Kalau produk lokal sudah membumi dan membudaya. Sektor industri dan usaha mikro dan menengah ikut menikmati berkahnya dan ekonomi rakyat menggeliat. Ini juga untuk memberdayakan ekonomi kerakyatan untuk pelaku UMKM kita," pungkas Norbaiti. (yans/her/fat/humasprovkaltim)

Berita Terkait
Government Public Relation