Generasi Muda Bangkitkan Jiwa Kewirausahaan

SAMARINDA - Jiwa wirausaha di Kaltim perlu terus ditingkatkan karena masih banyaknya angka pengangguran, bahkan pengangguran terbuka pada penduduk yang mengenyam pendidikan tinggi.

“Setelah mengenyam pendidikan tinggi maka jiwa wirausaha mereka akan lebih terasah sebab kesadaran usaha yang makin berkembang. Karenanya, perlu memotivasi diri guna membangkitkan jiwa kewirausahaan,” kata Kepala Bidang Koperasi dan UMKM Disperindagkop UMKM Kaltim H Erwinsyah pada Seminar Kewirausahaan dan Pemberdayaan Koperasi dan UMKM di GOR Stadion Sempaja Samarinda, Rabu (27/3).

Menurut dia, seiring dengan makin tingginya jenjang pendidikan sesorang maka kreativitas dan daya inventifnya semakin tajam. Selain modal dan latar belakang keluarga juga kepribadian individu ikut menentukan keinginan untuk berusaha.

Apabila dalam diri individu tidak ada motivasi usaha, maka motivasi yang ada hanyalah menjadi pegawai. “Karenanya, motivasi usaha yang kuat tertanam dalam jiwa individu merupakan syarat yang harus ada,” ujar Erwinsyah.

Sementara itu Ketua Pusat Inkubasi Bisnis Usaha Kecil Jakarta Aslichan Burhanson mengemukakan motivasi merupakan dorongan semangat dari dalam diri seseorang untuk melakukan sesuatu termasuk menjadi entrepreneur.

“Kebanyakan orang yang berhasil mempunyai motivasi/dorongan semangat untuk menggeluti dunia usaha (nekat). Motivasi dalam kewirausahaan yang diarahkan untuk mencapai tujuan terhadap peluang bisnis,” ujar Aslichan.

Ditambahkannya, untuk mengembangkan usaha baru bukan hanya rasa percaya diri dalam hal kemampuannya untuk berhasil, namun kemampuannya dalam mengakses informasi mengenai peluang kewirausahaan sangat penting.

Dalam seminar kewirausahaan garapan Disperindagkop UMKM itu Ketua Umum DPP Ikatan Pemberdayaan Pedagang Kecil Indonesia (Ippkindo)  Titi Muktani Cacuk Sudaryanto mengatakan  setiap pelaku usaha perlu menerapkan disiplin administrasi.

“Tertib administrasi harus dilakukan setiap pelaku usaha, terutama pencatatan pengeluaran maupun pendapatan walau sekecil apapun nilainya. Karena dari pencatatan itu akan diketahui kondisi/kemajuan usaha yang dijalankannya,”  ujar Titi.

Seminar  Seminar Kewirausahaan dan Pemberdayaan Koperasi dan UMKM diikuti peserta Diklat Kewirausahaan Disperindagkop UMKM Kaltim serta SKPD di lingkup Pemprov Kaltim menghadirkan narasumber Kepala Bidang Penyusunan dan Evaluasi Peraturan Perundang-Undangan UKM Kementerian Koperasi UKM Retno Endang Prihantini serta Bank Indonesia.(yans/hmsprov)

Foto: KESADARAN BERUSAHA. Ketua Umum DPP Ippkindo Titi Muktani Cacuk Sudaryanto menyampaikan materi pada Seminar Kewirausahaan dan Pemberdayaan Koperasi dan UMKM di GOR Sempaja Samarinda. (masdiansyah/humasprov kaltim)

Berita Terkait