Generasi Muda Diajak Promosikan Pariwisata

Generasi Muda Diajak Promosikan Pariwisata

 

SAMARINDA–Pelaksana Tugas Sekprov Kaltim Dr H Rusmadi MS mengungkapkan penyampaian informasi dan publikasi di sektor kepariwisataan Kaltim yang kini sedang dikembangkan, menjadi salah satu kunci kemajuan sektor pariwisata yang diharapkan menjadi lokomotif ekonomi baru Kaltim di masa mendatang.

Kaltim yang kaya beraneka ragam seni budaya, serta nilai-nilai luhur yang dijunjung tinggi oleh masyarakat, meliputi budaya pesisir, keraton dan pedalaman merupakan potensi pariwisata yang luar biasa dan bila dikembangkan dengan baik, maka akan menjadikan Kaltim sebagai destinasi wisata dunia di Indonesia.

“Kita harapkan generasi muda Kaltim dapat ikut serta memromosikan sektor kepariwisataan Kaltim ke khalayak luas, karena generasi muda Kaltim tentunya lebih mengenal dan mencintai seni budaya daerah Kaltim. Semua itu merupakan suatu kebanggaan yang dapat dikenalkan pada even nasional, bahkan internasional,” ungkap Rusmadi belum lama ini di Samarinda.

Menurut dia, Pemprov Kaltim melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, maupun instansi terkait lainnya selama ini terus berupaya memajukan sektor kepariwisataan. Demikian halnya kabupaten/kota, tentunya bersama-sama Pemprov terus berkoordinasi guna melakukan pembenahan infrastruktur penunjang kepariwisataan di daerah.

Karena, saat ini Kaltim sudah dikenal dengan sebagai salah satu destinasi wisata di Indoensia, dengan berbagai macam objek wisata unggulan, salah satunya adalah wisata bahari di Kepulauan Derawan dan sekitarnya. Selain itu, secara rutin setiap tahunnya pemprov maupun kabupaten/kota menggelar even atau festival budaya yang bertujuan memperkenalkan potensi pariwisata Kaltim.

“Kaltim telah menjadikan sektor pariwisata sebagai unggulan dalam meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat. Potensi pariwisata Kaltim tidak kalah menarik. Karena itu, sektor kepariwisataan di Kaltim akan terus kita kembangkan agar provinsi ini lebih dikenal seperti halnya Bali dan Jogjakarta serta daerah pariwisata lainnya di Indonesia yang sudah dikenal dunia,” jelasnya.

Seperti diketahui, branding pemasaran pariwisata Kaltim, yakni “Kenali Negerimu, Cintai Negerimu, Ayo Tamasya Jelajahi Benua Etam Kalimantan Timur”. Untuk itu, ujar Rusmadi, tidak hanya pemerintah atau stakeholder di sektor pariwisata saja yang dapat menggemakan branding tersebut, peran serta generasi muda dan masyarakat juga sangat diharapkan.

Apalagi di era globalisasi dan menyongsong berlakunya Komunitas ASEAN 2015,  diperlukan upaya  ekstra keras agar kepariwisataan Kaltim dapat bersaing dengan pariwisata yang tidak hanya dari daerah lain di Indonesia, melainkan dari negara-negara lain di ASEAN. (her/sul/hmsprov)

Berita Terkait
Government Public Relation