Generasi Muda Sangat Penting Berkontribusi kepada Bangsa

Saresehan Politik KNPI  Kaltim

SAMARINDA - Gubernur Kaltim Dr Awang Faroek Ishak mengatakan, generasi muda bisa mengambil peran dan berkontribusi untuk kejayaan bangsa dan negara melalui jalur-jalur politik sebagai anggota legislatif.  

"Para pemuda Kaltim harus bisa mewarnai perpolitikan Tanah Air dan bukan hanya di lingkup daerah," kata Gubernur Awang Faroek Ishak dalam sambutan yang disampaikan Staf Ahli Gubernur bidang  Pemerintahan Hukum Politik dan Keamanan, H Achmadi saat  membuka Saresehan Politik KNPI di  Samarinda, Kamis (27/2).

Disebutkan, tugas KNPI harus mampu menyadarkan kalangan pemuda,  setidaknya untuk mengerti politik atau melek politik. Kemudian secara bertahap meningkatkan kemampuan dan kualitas diri untuk berkiprah secara total di politik.  Pemuda Kaltim tidak perlu berkecil hati atau takut kalah bersaing dengan pemuda dari luar provinsi.

Dengan kemampuan yang dimiliki, bukan mustahil pemuda Kaltim juga bisa sukses di Senayan (DPR).  Untuk itu pemuda Kaltim hendaknya tidak ragu untuk belajar dari para politisi senior yang sudah berhasil memainkan peran dalam kancah perpolitikan nasional.

"Pemuda  juga turut menjadi pelaku aktif, sehingga akan ada keterwakilan pemuda Kaltim yang duduk dalam kepengurusan partai dan di lembaga legislatif, maupun nantinya juga mampu sebagai pemimpin di pemerintahan sebagai Bupati, Walikota, Gubernur, Menteri dan jabatan politis penting lainnya," ujarnya.

  Selain itu, peran para pemuda sangat penting dan harus bisa diberdayakan. Dalam kondisi keterpurukan perpolitikan di Tanah Air, sehingga sudah seharusnya generasi muda dapat ambil bagian dalam dunia politik. "Pemuda sebagai agent of change (agen perubahan) harus dapat memberikan perubahan yang baik.  Gerakan reformasi pada tahun 1998 lalu telah membuktikan bahwa generasi muda, pelajar dan mahasiswa bahkan mampu meruntuhkan kekuatan penguasa orde baru,'' sambungnya.

  Sarasehan pemuda Kaltim bertema "Menata Peran Politik Kaltim di Kancah Nasional" dirangkai dengan pelantikan pengurus KNPI Kaltim yang diketuai Khairudin, juga menghadirkan pengamat politik Eef Saefullah Fatah.  (sar/sul/hmsprov).

//Foto: Staf Ahli Gubernur bidang  Pemerintahan Hukum Politik dan Keamanan, H Achmadi (kiri) pada Saresehan Politik KNPI. (johan/humasprov kaltim).

Berita Terkait