Generasi Penerus Wajib Pahami 4 Pilar Kebangsaan
SAMARINDA – Saat ini terindikasi telah terjadi penurunan jiwa kebangsaan di masyarakat, karenanya para pemuddan pelajar sebagai generasi penerus pembangunan dan perjuangan bangsa wajib mengerti serta memahami empat pilar kehidupan berbangsa dan bernegara.
“Kegiatan yang kami gelar hari ini sebagai upaya bersama guna membangkitkan semangat berbangsa bagi ibu rumah tangga dan pelajar selaku generasi penerus pembangunan agar mengerti empat pilar kehidupan berbangsa dan bernegara yakni Pancasila, UUD 1945 dan NKRI serta Bhenika Tunggal Ika,” kata Ketua BKOW Kaltim Hj Itty Rukiah usai membuka Pendidikan Kesadaran Berbangsa di Aula BKOW Kaltim, Rabu (27/11).
Menurut dia, pemahaman yang mendalam bagi ibu rumah tangga yang merupakan pembina bagi anak-anaknya sejak dini dalam rumah tangganya dan pelajar sebagai generasi penerus bangsa akan mampu menciptakan generasi yang tangguh dan mencintai bangsanya.
Diakui, disaat era globalisasi dengan segala kemajuan teknologi informasi dan keterbukaan budaya bangsa membuat generasi muda hampir kehilangan arah bahkan terpengaruh dengan berbagai budaya dan pola serta gaya hidup bangsa lain.
Misalnya, sering terejadi perkelahian antar pemuda dan pelajar bahkan terjadinya persengketaan antar masyarakat yang dapat berakibat fatal seperti pengrusakan fasilitas umum maupun jatuhnya korban jiwa.
Kondisi-kondisi ini terjadi karena rendah atau menurunnya rasa kebangsaan dan persatuan dalam jiwa masyarakat termasuk generasi muda. Sehingga, pemerintah mulai membangkitkan semangat terhadap empat pilar kehidupan berbangsa dan bernegara.
“Kita berharap agar para ibu rumah tangga di lingkup keluarganya serta para pelajar dan mahasiswa di lingkup sekolah dan kampusnya mampu menularkan pengetahuan dan pemahamannya terhadap jiwa kehidupan berbangsa dan bernegara bagi teman sebayanya,”  ungkap Itty.
Pendidikan Kesadaran Berbangsa diikuti 100 peserta dari organisasi wanita anggota Badan Kerjasama Organisasi Wanita Kaltim serta pelajar dan mahasiswa dengan menghadirkan narasumber dari BKOW Pusat dan Kesbangpol Kaltim.(yans/hmsprov) 
 
///Foto: KESADARAN BERBANGSA. Para pelajar dan mahasiswa  peserta Pendidikan Kesadaran Berbangsa yang digelar BKOW Kaltim.(masdiansyah/humasprov kaltim)
 
 
Berita Terkait