Genre Wujudkan Generasi Berkualitas

Genre Wujudkan Generasi Berkualitas

 

SAMARINDA–Pemerintah melalui Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) terus mengupayakan generasi-generasi yang sadar akan rencana masa depan. Generasi berencana (Genre) yang diharapkan, adalah generasi-generasi yang mampu merencanakan perkawinan (masa/usia pernikahan) juga merencanakan jumlah anak serta jarak melahirkan. Pada akhirnya, Genre akan akan melahirkan generasi-generasi yang berkualitas.

Menurut Kepala Bidang Latbang Perwakilan BKKBN Kaltim HN Chasrunsyah, dalam upaya mewujudkan generasi berkualitas melalui program Genre tersebut perlu dilakukan pengembangan kelompok Pusat Informasi Konsultasi Remaja/Mahasiswa.

“Kelompok PIK ini menjadikan remaja atau mahasiswa sebagai pengelola, pendidik dan konselor sebaya,” ujar Chasrunsyah pada Orientasi Program Genre bagi Petugas Lapangan, Kamis (4/9).

Chasrunsyah menjelaskan jumlah remaja usia 10-24 tahun di nusantara mencapai 63,44 juta jiwa atau 27,6 persen dari jumlah penduduk Indonesia sekitar 237,6 juta jiwa.             “Kondisi ini membawa dampak yang cukup besar bagi pemerintah,” katanya.

Era globalisasi disadari atau tidak telah mengubah cara berpikir, bersikap serta bertindak kaum muda. “Remaja sangat rentan terhadap resiko triad kesehatan reproduksi remaja (KRR) yakni seksualitas, HIV/AIDS dan narkoba termasuk pernikahan dini,” ungkapnya.

Karenanya, BKKBN merumuskan kebijakan program Genre melalui peningkatan kapabilitas, pengembangan SDM dan kesempatan serta pelayanan melalui pendekatan pengembangan kelompok PIK remaja/mahasiswa.

Orientasi program Genre bertujuan meningkatkan pengetahuan dan menumbuhkan sikap positif tenaga penyuluh lapang agar berperan serta menyukseskan program kependudukan dan KB. Peserta orientasi berjumlah 32 tenaga penyuluh lapang KB dari 13 kabupaten dan kota diKaltim dan Kaltara. Kegiatan digelar selama empat hari sejak 3-6 September untuk 24 jam pelajaran. (yans/sul/hmsprov)

Foto : Para tenaga penyuluh lapang KB menyimak pemaparan nara sumber pada  orientasi program Genre se-Kaltim dan Kaltara. (masdiansyah/humasprov)

Berita Terkait
Government Public Relation