Gerakan Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat


 

Srikandi Pemuda Pancasila Diminta Jadi Pelopor

SAMARINDA - Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak menekankan kepada Srikandi Pemuda Pancasila yang merupakan salah satu organisasi kepemudaan wanita di Kaltim menjadi salah satu pelopor gerakan peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui program Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) pada generasi muda di Kaltim.

"Berikan kesempatan kepada generasi muda untuk menjadi wirausahawan dan belajar memperoleh pengetahuan, keterampilan untuk menumbuhkembangkan jiwa kewirausahaan yang ditopang sikap mental kreatif, inovatif, profesional dan bertanggungjawab serta berani menanggung resiko dalam mengelola potensi diri dan lingkungan sebagai bekal peningkatan kualitas hidup," kata Awang Faroek Ishak pada Pembukaan Musyawarah Wilayah (Muswil) I DPW Srikandi Pemuda Pancasila Kaltim di Hotel Aston Samarinda, Senin (10/10).

Awang mengutarakan Pemprov Kaltim telah membuka peluang besar dalam pengembangan usaha-usaha produktif pada UMKM. Apalagi Pemprov Kaltim memiliki sejumlah program yang telah digulirkan diantaranya pelatihan bagi 1.200 Wirausaha, , seminar motivasi kewirausahaan, bantuan peralatan produksi dan sarana pengembangan usaha.

Selain itu, tambah Awang, juga terdapat program bantuan sosial, bantuan kredit atau dana bergulir, Kredit Usaha Rakyat (KUR), program kemitraan dan bina lingkungan dan program pembiayaan melalui Corporate Social Responsibility (CSR) serta PNPM Mandiri.

"Pada prinsipnya, Pemprov Kaltim terus mendorong dan meningkatkan pembangunan di sektor ekonomi dan perdagangan dengan memberdayakan potensi generasi muda untuk terjun sebagai wirausaha," katanya.

Awang mengaku bangga kepada Srikandi Pemuda Pancasila yang telah menunjukkan eksistensinya karena telah secara nyata mewujudkan  berbagai kegiatan positif baik di bidang pendidikan, sosial, maupun keagamaan.

"Saya mengharapkan ke depan, Srikandi Pemuda Pancasila secara proaktif membangun masyarakat Kaltim agar provinsi ini lebih maju dan tidak tertinggal dengan kemajuan yang dicapai daerah-daerah lain di Indonesia. Saya juga berharap apa yang telah menjadi program Srikandi Pemuda Pancasila terus dilanjutkan dan disinkronkan dengan program pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat," katanya. (rus/sul/es/humasprov)

Berita Terkait