Gerakan One Man Five Trees Berhasil Tanam 128 Juta Pohon

Program Kaltim Green

SAMARINDA - Kepala Dinas Kehutanan (Dishut) Kaltim H Chairil Anwar mengatakan, Program Kaltim Green (Kaltim Hijau) melalui gerakan One Man Five Trees (satu orang menanam lima pohon) sejak 2010 hingga 2013 sudah mencapai 128 juta pohon, yang tersebar di seluruh kabupaten dan kota se- Kaltim  
"Kami berharap 2014 akan meningkat lagi.  Selain mereboisasi lahan kritis, penanaman ini sangat baik untuk pelestarian lingkungan, khususnya untuk mengembalikan keanekaragaman hayati di Kaltim," kata Chairil Anwar, belum lama ini.  
Sukses program ini terlaksana berkat dukungan jajaran TNI dan Polri, LSM, pelajar, mahasiswa, organisasi dan masyarakat. Partisipasi perusahaan baik  industri migas, maupun perkebunan dan pertambangan disebutkan Chairil juga sangat besar.
"Kegiatan penghijauan Dinas Kehutanan menyediakan bibit secara gratis. Kita ingin, Kaltim hijau benar-benar terwujud dengan baik apalagi minat masyarakat untuk menanam pohon juga semakin tinggi," ujarnya.  
Menurut Chairil, membudayakan gerakan menanam pohon di masyarakat perlu terus dilakukan. Budaya menanam pohon perlu terus  dilestarikan demi tercapainya cita-cita bersama  mengembalikan kehijauan Kaltim.
Bulan ini, atau tepatnya 28 Nopember akan digelar Hari Penanaman Pohon yang dipusatkan di Kota Bontang. Bibit yang akan disediakan 187 ribu bibit pohon yang disebar ke kabupaten dan kota se-Kaltim pada hari penanaman tersebut.   
"Gerakan penanaman pohon merupakan upaya nyata Pemprov Kaltim guna menjawab isu global warming atau pemanasan global. Karena, manfaat penanaman pohon secara nyata telah memberikan kontribusi menurunkan tingkat emisi gas rumah kaca maupun mencegah bencana alam," ujarnya. (sar/hmsprov).

////FOTO : Sejumlah pelajar sedang melakukan penanaman pohon sebagai upaya mendukung program Kaltim Green melalui gerakan One Man Five Trees (satu orang menanam lima pohon).(dok/humasprov kaltim)


 

Berita Terkait