Gerakan Percepatan Tanam Sampai ke Semangko

Dok.humasprovkaltim

MARANGKAYU - Pemerintah Provinsi Kaltim melalui  Dinas Pangan Tanaman Pangan dan Hortikultura (DPTPH) Provinsi Kaltim dan Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Provinsi Kaltim melaksanakan Gerakan Percepatan Tanam Musim  Tanam April-September Tahun 2020 di Desa Semangko, Kecamatan Marangkayu, Kabupaten Kutai Kartanegara. Gerakan tanam dilaksanakan di lahan  Kelompok Tani (Poktan) Hidup Baru 7. 

Luas tanam padi  kurang lebih kurang 535 hektar dan varietas padi  yang ditanam Inpari 30 Inpago 8, Inpari 40,  Bioner Ciherang Agritan (Nutrizink).

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura (DPTPH) Kaltim Dadang Sudarya mengatakan kegiatan tanam padi ini  merupakan gerakan percepatan tanam  di Kaltim periode  April September  tahun 2020. 

Minggu yang lalu, Lanjut Dadang sudah dilakukan di Kecamatan Kaubun, Kabupaten Kutai Timur. Kemudian di Kecamatan Tenggarong Seberang Kutai Kartanegara  pekan lalu  dan hari ini dilakukan Gerakan Percepatan Tanam di Desa Semangko  Kecamatan Marang Kayu.

"Kita harapkan  mudah-mudahan   seluruh kabupaten/kota melakukan upaya-upaya untuk Gerakan Percepatan Tanam," kata Dadang  Sudarya usai melakukan penanaman padi, Senin (15/6/2020).

Sekarang  ini, kata Dadang Sudarya, Kaltim punya target baru, dimana  target  sebelumnya hanya 26 ribu hektar lebih. Kemudian pada minggu yang lalu dilakukan  video conference dengan seluruh Dinas Pertanian kabupaten kota  se-Kaltim,  beberapa kabupaten/kota menambah  luas lahan tanam keseluruhan menjadi 34.500 hektar. Sekarang menjadi komitmen bersama agar target  34.500 hektar itu bisa direalisasikan pada April-September 2020.

"Oleh karena itu, kami butuhkan juga komitmen masing-masing  daerah, sehingga target Kementerian Pertanian untuk gerakan tanam seluas  34.500 hektar  harus bisa direalisasikan tahun ini, seperti target Kukar dari  ditarget tanam oleh pusat 8.844 hektar. Sementara  komitmen  Kabupaten  Kukar 11.162 hektar," pesan Dadang.

Sementara Kapala BPTP Provinsi Kaltim Muhammad Yamin mengatakan  kegiatan Gerakan Percepatan Tanam Musim  Tanam April-September  Tahun 2020 di Desa Semangko ini dalam rangka untuk mendukung program strategis Menteri Pertanian. Saat ini yang dilakukan BPTP Kaltim salah satunya  melakukan introduksi varietas unggul baru seperti varietas Inpari 30 Inpago 8, Inpari 40. 

"Ini dilakukan supaya peningkatan produktivitas  usaha tani padi di wilayah Kukar khususnya di Desa Semangko bisa terus berkembang. BPTP Kaltim sangat optimis percepatan tanam bisa terlaksana sesuai yang diharapkan dengan dukungan teknologi dan varietas unggul baru," kata Muhammad Yamin.

tampak hadir Kabid Tanaman Pangan dan Hortikultura Dinas Pertanian Kukar Sugiono, Staf BPTP Kaltim,  Kepala UPT Penyuluhan Pertanian Peternakan Kecamatan Marangkayu Misran Bahtiar, PPL Semangko Sudarman. Ketua dan anggota Poktan Hidup Baru 7, Desa  Semangko. Ketua dan Anggota  Kelompok Tani Hidup Sederhana  Arifudin. (mar/sul/humasprov kaltim)

Berita Terkait