Gerakan Pramuka Bentuk Kedisiplinan

Persami dan Perkemahan Wirakarya

SANGATTA–Peringatan Hari Pramuka ke-53 tahun 2014 di Sangatta  Kabupaten Kutai Timur, dirangkai dengan Perkemahan Sabtu Minggu (Persami) dan Perkemahan Wirakarya (PW) tingkat Provinsi Kaltim, 2- 8 September 2019.

Kedua kegiatan melibatkan 100 pramuka peduli Kaltim binaan Dinas Pemuda dan Olahraga Kaltim serta 1.000 peserta dari pramuka penegak dan pandega dari 10 kabupaten dan kota se-Kaltim yang dipusatkan di Bumi Perkemahan Pertamina Sangkimah Sangatta.

Menurut Kepala Dispora Kaltim H Fachruddin Djaprie Gerakan Pramuka bertujuan untuk membentuk setiap diri anggota pramuka memiliki kepribadian yang beriman, bertakwa, berakhlak mulia, berjiwa patriotik dan taat hukum.

“Sehingga terbentuk pribadi yang berdisiplin tinggi dan menjunjung nilai-nilai luhur bangsa, berkecakapan hidup, sehat jasmani dan rohani,” kata Fachruddin Djaprie pada pembukaan Persami dan PW tingkat Kaltim, Rabu (3/9).

Selain itu, mampu membentuk diri menjadi warga negara yang berjiwa Pancasila, setia dan patuh kepada NKRI.  Membangun  diri secara mandiri serta bertanggungjawab terhadap pembangunan bangsa serta memiliki kepedulian terhadap sesama hidup dan alam lingkungan.

Berdasarkan tujuan itulah, Dispora menjadi pemangku amanah UU Nomor 12/2010 tentang Gerakan Pramuka. “Kami berkomitmen melakukan pembinaan generasi muda, sehingga Kaltim memiliki SDM berdaya saing menjadi contoh generasi muda di tanah air,” ujarnya.

Sementara itu Ketua Kwarda Kaltim HM Hatta Zaenal mengungkapkan terima kasih atas komitmen Dispora Kaltim dalam pembinaan generasi muda di daerah melalui Gerakan Pramuka yang dirangkai dengan berbagai kegiatan terkait peningkatan pengetahuan dan keterampilan diri.

Kepala Bidang Pemuda Dispora Kaltim Syahril menyebutkan peserta Persami dan PW mengikuti berbagai kegiatan. “Peserta akan diberi materi kepramukaan peduli dari  kwarnas, kwarda dan Staf Ahli Gubernur Bidang Pendidikan dan Kebudayaan,” ungkap Syahril. (yans/sul/hmsprov)

Berita Terkait
Government Public Relation