Gerakan Pramuka Wadah Pembentukan Karakter

 

SAMARINDA -  Gerakan Pramuka selain program pendidikan ekstra kurikuler di setiap jenjang satuan pendidikan, juga menjadi wadah utama untuk pengembangan program pembangunan karakter anak sejak dini.

“Gerakan Pramuka harus dikembangkan sungguh-sungguh agar mampu menjadi wadah pengembangan karakter dan kegiatan ini bagian gerakan revolusi mental bagi anak sejak dini,” kata Gubernur Kaltim H Awang Faroek Ishak pada peringatan HUT Gerakan Pramuka, pekan lalu.

Menurut dia, Gerakan Pramuka yang ada di setiap jenjang pendidikan baik sekolah dasar hingga sekolah menengah atas (SMA) bahkan perguruan tinggi harus kembali digalakkan.

Awang berharap masing-masing jenjang pendidikan harus kembali mengaktifkan gugus depan (gudep) agar kegiatan kepanduan tidak sekedar menjadi program ekstra kurikuler semata.

Karena, Gerakan Pramuka diisi dengan berbagai kegiatan baik berupa latihan kecerdasan berpikir juga ketangkasan fisik yang aktraktif untuk melatih kemampuan tubuh dan otak.

Selain itu, kegiatan gerakan kepanduan  mampu membentuk mental dan jiwa yang mandiri, tangguh dan peduli kepada sesama dan lingkungan.

“Inilah maksud saya pentingnya pengembangan kegiatan kepramukaan di sekolah agar anak-anak sejak dini sudah diajarkan peduli terhadap sesama dan lingkungan,” ujar Awang.

Terpenting lagi lanjutnya, Gerakan Pramuka mampu membentuk jiwa yang tangguh dan mandiri, sehingga anak-anak sudah diajarkan untuk mampu menghadapi berbagai situasi dan kondisi.

Sebaliknya, mampu melihat berbagai peluang dan kesempatan serta mampu memaksimalkan potensi diri agar lebih bermanfaat bagi lingkungan dan masyarakatnya.

“Saya minta seluruh jajaran Gerakan Pramuka di daerah dari kwarda hingga kwarcab mendukung kegiatan kepramukaan di sekolah. Diantaranya mengaktifkan gudep-gudep, sehingga gerakan ini benar-benar menjadi wadah pembentukan karakter anak sebagai gerakan revolusi mental masyarakat sejak dini,” harap Awang Faroek. (yans/sul/es/humasprov) 

Berita Terkait
Government Public Relation