Kalimantan Timur
Go Book dan Laper Sesaat Saat Corona

Foto : Dok. Humas

Untuk lebih memudahkan dan memanjakan masyarakat dalam mendayagunakan layanan perpustakaan online melalui aplikasi iKaltim, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (DPKD) Kaltim sedang melakukan proses pengembangan aplikasi iKaltim dengan menambah 2 fitur baru, yaitu Layanan Go-Book dan Laper Sesaat (Layanan Perpustakaan Setiap Saat).

 

"Melalui layanan Go-Book masyarakat dapat memesan dan meminjam buku tercetak terbaru dan best seller. Dimana buku yang dipesan pemustaka akan diantar langsung ke rumah," kata Kepala DPKD Kaltim HM Aswin didampingi Kabid Layanan, Otomasi dan Kerjasama Taufik, Senin (27/4/2020).

 

Sementara layanan Laper Sesaat lanjutnya, layanan yang memungkinkan masyarakat untuk berkunjung ke perpustakaan di luar jam layanan resmi. 

 

Misalnya, masyarakat secara berkelompok (minimal 5 orang) dengan fitur ini bisa menggunakan perpustakaan pada jam 21.00 – 04.30 dinihari dengan mengajukan permohonan melalui aplikasi iKaltim.

 

"Diharapkan 2 fitur baru ini dapat diakses dan dimanfaatkan masyarakat mulai 4 Mei depan," ujarnya.

 

Terkait layanan Go Book, tambah Aswin, bukanlah layanan antar jemput online selama ini. Tetapi, layanan antar buku yang dilakukan petugas/pegawai internal DPKD Kaltim.

 

"Jadi Go Book kita tidak identik dengan layanan online ya. Tapi ada petugas yang khusus antar buku langsung ke pemustaka, tanpa biaya sebab pegawai kita juga mereka itu," kata Aswin.

 

Pemesanan buku (Go Book) bisa dilakukan setiap hari kerja (Senin - Jumat) dari pukul 08.00 Wita hingga last order 16.00 Wita (pemesanan terakhir).(yans/sul/humasprov kaltim)

Berita Terkait