Gubenur dan Wagub Pantau Pemilukada Serentak

Gubenur dan Wagub Pantau Pemilukada Serentak

 

SAMARINDA - Seperti pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) sebelumnya, baik Pemilu Legislatif  maupun Pilpres, Gubernur Kaltim H Awang Faroek Ishak  akan kembali melakukan pemantauan atau peninjauan langsung penyelenggaraan Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada)  serentak pada  9 Desember 2015.

Kegiatan pertama yang dilakukan Gubernur Kaltim H Awang Faroek Ishak setelah memberikan hak suaranya adalah melakukan kunjungan ke TPS-TPS (Tempat Pemungutan Suara)  yang sudah ditentukan sebelumnya, baik di Kota Samarinda maupun di Kabupaten Kutai Kartanegara khususnya di Kecamatan Tenggarong Seberang dan Tenggarong Kota.

"Maksud peninjauan tersebut untuk melihat langsung bagaimana partisipasi masyarakat mengikuti Pemilukada dan sejauh mana kesiapan panitia penyelenggara dalam menyelenggarakan Pemilukada serentak 9 Desember mendatang," kata Asisten Pemerintahan Setdaprov Kaltim Drs Aji Sayid fatur Rahman usai memimpin rapat persiapan peninjaun TPS-TPS yang akan di kunjungi oleh Gubernur Kaltim H Awang Faroek Ishak pada 9 Desember mendatang.

Selain melakukan kunjungan ke lapangan untuk melihat langsung penyelenggaraan Pemilukada di TPS-TPS, gubernur juga akan melakukan video comperence (v-con) dengan bupati atau penjabat bupati se-Kaltim  untuk mengetahui perkembagan atau  kondisi terakhir pelaksanaan Pemlilukada di masing-masing kabupaten/kota, baik pada pelaksanaan maupun pasca pelaksanaan pencoblosan. 

"Dengan video conference  tersebut, gubernur akan langsung mengetahui sejauh mana pelaksanaan penyelenggaraan Pemilukada serentak  di masing-masing kabupaten/kota, serta mengetahui kondusifitas daerah, baik pada pelaksanaan maupun pasca perhitungan suara," kata Fatur.    

Selain  melakukan v-con  dengan bupati/walikota,  kemungkinan pada  waktu yang bersamaan  Gubernur Kaltim H Awang Faroek Ishak melakukan video conference  dengan Presiden Joko Widodo dan sekarang ini segala sesuatunya sudah mulai dipersiapkan. 

Khususnya mengenai perangkat yang akan digunakan pada saat pelaksanaan v-con nanti. Pemprov akan melibatkan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kaltim dan pihak lainnya untuk menyukseskan pelaksanaan video conference nanti.

"Selain mempersiapkan perangkatnya, kita  juga melakukan koordinasi dengan Diskominfo Kabupaten/Kota agar juga melakukan hal yang sama. Sehingga  dengan demikian pada pelaksanaannya nanti semua terkoneksi dengan baik dan v-con berjalan sukses," ujarnya.  

Sementera Wakil Gubernur Kaltim HM Mukmin Faisyal akan melakukan peninjauan di TPS-TPS di sekitar Kota Balikpapan. (mar/sul/hmsprov) 

//Foto: SUKSESKAN PEMILUKADA. Gubernur Kaltim H Awang Faroek Ishak memantau jalannya Pemilu Presiden tahun lalu. (dok/humasprov kaltim).

 

 

Berita Terkait