Gubernur : Kaltim Serius Bangun Pendidikan

Pemancangan Perdana Pembangunan Gedung Baru Untag

 

SAMARINDA - Gubernur Kaltim  H Awang Faroek Ishak mengatakan, perkembangan dunia pendidikan  di Kaltim sudah semakin baik, utamanya pada pendidikan tinggi yang telah berperan sebagai penyokong sumber daya manusia (SDM) di daerah ini.

Prestasi dunia pendidikan di Kaltim, khususnya pendidikan tinggi ternyata memberikan kepercayaan pemerintah pusat untuk berdirinya Institut Teknologi Kalimantan (ITK) di Balikpapan dan Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Kaltim di Tenggarong, Kutai Kartanegara.

"Pemprov Kaltim berkomitmen untuk memajukan dunia pendidikan di daerah ini. Bahkan salah satu program prioritas pembangunan Kaltim adalah peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) untuk mendukung terwujudnya percepatan dan pemerataan pembangunan di seluruh wilayah Kaltim," kata Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak saat melakukan pemancangan perdana pembangunan gedung perkuliahan baru Universitas 17 Agustus (Untag) Samarinda, Selasa (17/11). Peresmian pembangunan ditandai dengan penekanan tombol sirene bersama-sama oleh Gubernur Awang Faroek Ishak, Rektor Prof Dr H Eddy Soegiarto, Ketua Yayasan Untag Awang Dharma Bakti di kampus Untag Samarinda. 

Dikatakan, kualitas SDM Kaltim harus terus ditingkatkan agar dapat bersaing dengan SDM dari provinsi lain bahkan negara lain di dunia pada era globalisasi  yang memungkinkan masuknya tenaga-tenaga kerja dari seluruh negara di dunia ke Indonesia, termasuk ke Kaltim.

Mengantisipasi hal tesebut, Pemprov telah menyiapkan SDM berkualitas melalui program Beasiswa Kaltim Cemerlang (Cerdas, Merata dan Prestasi Gemilang) yang sudah berjalan sejak 2009 lalu hingga saat ini.

"Pemprov memberikan beasiswa penuh. Karena diyakini pemberian beasiswa melalui Beasiswa Kaltim Cemerlang adalah modal bagi peningkatan SDM, sekaligus sebagai investasi jangka panjang, masa depan untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Kaltim," kata Awang.

Menurut dia, tugas kedua rektor baru adalah bagaimana menyelenggarakan pendidikan, utamanya kegiatan perkuliahan, penelitian dan pengabdian perguruan tinggi pada masyarakat dengan sebaik-baiknya sehingga mencapai kemajuan dan kejayaan di saat sekarang maupun di masa-masa yang akan datang.

"Dengan pembangunan gedung baru untuk perkuliahan ini, diharapkan Untag melakukan pembenahan. Baik melengkapi fasilitas kegiatan perkuliahan, memenuhi kualifikasi tenaga dosen serta terus meningkatkan akreditasi. Sehingga lulusan-lulusan yang dihasilkan merupakan SDM yang siap bersaing di dunia kerja," tambah Awang.

Semua perguruan tinggi di Kaltim, baik negeri maupun swasata harus bisa berkembang dengan baik dan terus berupaya meningkatkan prestasi akademiknya. Diharapkan  perguruan tinggi  dapat saling bersinergi dan terus berkoordinasi untuk bersama-sama pemerintah daerah mewujudkan visi Kaltim Maju 2018 dengan turut mencetak SDM andal dan berkualitas sebagai generasi penerus pembangunan di masa mendatang.

Rektor Untag Prof Dr H Eddy Soegiarto mengatakan, akibat masih kurangnya ruangan perkuliahan tahun kemarin, Untag terpaksa menolak sekitar 600 calon mahasiswa. Oleh karena itu, dengan pemancangan perdana  pembangunan gedung baru perkuliahan ini, tahun depat Untag  dapat menerima  calon mahasiswa semaksimal mungkin.

"Dengan gedung baru perkualiahan ini, yang rencana pembangunannya berlantai tiga dan jumlah 5 ruang kuliah setiap lantainya, tahun depan Untag tidak lagi menolak calon mahasiswa yang ingin melanjutkan studinya di sini," kata Eddy Soegiarto. (mar/sul/hmsprov)

 Foto : Gubernur Awang Faroek saat menghadiri pemancangan  perdana pembangunan gedung baru Untag Samarinda. (umar/humasprov)

 

Berita Terkait