Gubernur : Kendalikan Pencemaran Limbah

Gerakan Pesisir Bersih Sehat dan Lestari

PENAJAM- Kegiatan Pesisir Bersih Sehat dan Lestari (Berseri) yang digagas Pemkab Penajam Paser Utara (PPU) merupakan upaya mewujudkan keberhasilan penanggulangan dan pengendalian pencemaran limbah di wilayah pesisir dan laut di Kaltim.

Demikian sambutan tertulis Gubernur Kaltim yang disampaikan staf ahli Gubernur bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan Budi Pranowo pada Gerakan Pesisir Berseri Pantai Corong, Penajam Paser Utara, Kamis (11/6).

Menurut Gubernur, perlu intervensi  pemerintah bersama masyarakat untuk melakukan aksi nyata melalui Gerakan Peduli Lingkungan Pesisir Bersih, Sehat dan Lestari, sehingga terwujud laut biru dan pantai bersih dan lestari.

Kabupaten PPU memiliki panjang garis pantai mencapai 146 km yang terbentang di sepanjang pesisir Penajam dengan potensi kelautan dan perikanan, tidak terkecuali  Pantai Corong yang merupakan andalan wisata kabupaten ini.

Dilihat dari kondisi sosial ekonomi dan penduduk yang bermukim di sekitar Pantai Corong sangat tergantung pada kawasan pesisir. Dimana masyarakat banyak mendirikan warung untuk melayani keperluan para pengunjung pantai.

“Diharapkan  masyarakat sadar dan memiliki kepedulian yang tinggi untuk turut serta merawat pantai menjadi lebih baik dan indah. Utamanya dengan tidak membuang limbah atau sampah di sembarang tempat sehingga mencemari pesisir pantai,” harap Gubernur.

Selain itu, untuk mendukung dan memotivasi masyarakat maka sudah seharusnya pula  disediakan sarana dan prasarana penampungan sampah dan sarana pengangkutan sampah yang memadai.

Gubernur mengharapkan agar kegiatan terus berkembang dan terus berlanjut secara berkesinambungan. Sejalan dengan program Pemprov Kaltim  terkait prakarsa, gagasan dan kegiatan kongkrit masyarakat seperti Gerakan Pesisir Berseri.

“Hal ini saya tegaskan karena tanggung jawab untuk memilihara kawasan pesisir agar tetap indah, bersih, sehat, dan lestari berada di pundak kita semua dan tidak akan berhasil apabila tidak mendapat dukungan aktif seluruh komponen masyarakat,” tegas Gubernur.

Sementara itu Bupati Penajam Paser Utara H Yusran Aspar mengatakan Gerakan Pesisir Berseri merupakan aksi nyata gerakan peduli lingkungan yang telah dicanangkan Menteri Kelautan dan Perikanan di PPU yang dipusatkan Pantai Corong.

“Gerakan Pesisir Berseri sebelumnya dimeriahkan dengan lomba kebersihan antar SKPD dan penanaman vegetasi pantai. Kegiatan ini dapat dijadikan simbol untuk memotivasi kita semua agar lebih peduli terhadap kelestarian wilayah pesisir di seluruh Kaltim khususnya Kabupaten PPU,” ujar Yusran Aspar.

Kegiatan ini juga dihadiri Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kaltim H Iwan Mulyana serta Wakil Bupati PPU H Mustaqim beserta seluruh jajaran Pemkab dan FKPD PPU. (yans/sul/hmsprov)

//Foto: Masyarakat dilibatkan dalam kegiatan Pesisir Bersih Sehat dan Lestari. (masdiansyah/humasprov kaltim).

 

Berita Terkait
Government Public Relation