Gubernur : Mari Sukseskan Pilkada Serentak 2015

Hadiri HUT ke-70 Brimob

BALIKPAPAN - Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak menyampaikan harapan besarnya kepada jajaran kepolisian, khususnya Satuan Brimob Polda Kaltim agar dapat membantu menyukseskan pelaksanaan pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak, 9 Desember 2015 mendatang.

Pernyataan gubernur ini disampaikan saat menghadiri Hari Ulang Tahun (HUT) ke-70 Korp Brimob di markas Brimob Polda Kaltim, Sabtu (14/11). Gubernur optimis, dengan dukungan jajaran kepolisian dan Satuan Brimob, pilkada serentak di Kaltim akan berlangsung sukses dan lancar.

"Saya ingatkan, 9 Januari 2015 kita akan melaksanakan pilkada serentak. Amanat Kapolri harus dilaksanakan secara profesional. Jagalah pilkada serentak di Kaltim dan Kaltara ini dengan baik. Saya yakin, seluruh jajaran Brimob akan mendukung," kata Awang.

Saat acara dilanjutkan dengan syukuran di aula Markas Brimob, Gubernur Awang Faroek bahkan sempat menguji kekompakan korp Brimob untuk mendukung sukses pelaksanaan pilkada serentak di Kaltim dan Kaltara.

Gubernur Awang Faroek mengajukan satu pertanyaan. "Apakah Brimob Kaltim siap mengamankan pilkada serentak 9 Desemeber mendatang?" Pertanyaan  gubernur itu pun spontan dijawab serempak jajaran brimob dengan teriakan kompak. "Siap".

Lebih jauh dikatakan gubernur, bahwa demokrasi akan terus dibangun lebih baik ke depan. Demokrasi yang akan dibangun itu adalah demokrasi yang semakin baik, demokrasi yang semakin maju, bukan demokrasi yang bergerak mundur. 

"Oleh karena itu, mari kita sukseskan pesta demokrasi rakyat ini secara langsung, umum, bebas, jujur dan adil. Momentum ini sangat penting demi kemajuan daerah lima tahun ke depan," seru gubernur.

Pujian juga disampaikan Gubernur Awang Faroek Ishak atas dukungan jajaran Brimob hingga saat ini. "Brimob sangat membantu jalannya pemerintahan dan jalannya pembangunan di Kaltim. Hubungan baik ini harus terus kita lanjutkan, termasuk dengan satuan-satuan lain di Polda Kaltim, juga dengan jajaran Kodam VI Mulawarman," kata gubernur.

Kapolda Kaltim Irjen Pol Safaruddin usai menjadi inspektur upacara dalam apel peringatan hari jadi Brimob tersebut menegaskan, bahwa Polda Kaltim siap menyukseskan pelaksanaan pilkada serentak di semua tahapan, sebelum pelaksanaan, saat pelaksanaan dan setelah pelaksanaan pilkada serentak.

"Polisi siap mengamankan pilkada serentak. Bertepatan dengan peringatan ulang tahun, saya juga menuntut kesiapan jajaran Brimob untuk mendukung sukses pelaksanaan pilkada serentak," tegas Kapolda.

Menurutnya, Brimob memiliki kemampuan-kemampuan khusus yang dapat dimanfaatkan untuk membantu sukses pelaksanaan pilkada serentak yang damai, lancar dan sukses. Dengan berbagai peralatan yang dimiliki, Brimob juga dapat melaksanakan penugasan-penugasan khusus untuk mencegah aksi-aksi anarkis. 

 Kapolda juga mengajak masyarakat agar lebih waspada dengan ajakan atau seruan berbau SARA dalam masa pilkada ini. Kepolisian sendiri lanjut Kapolda telah melakukan langkah-langkah preventif dan antisipatif untuk mencegah berkembangnya permasalahan tersebut dengan cara menjalin komunikasi yang baik dengan tokoh adat, tokoh masyarakat, tokoh agama dan termasuk tim sukses pasangan calon.

Dua daerah, yakni Kabupaten Kutai Barat (Kaltim) dan Kabupaten Nunukan (Kaltara) disebutkan memiliki potensi kerawanan lebih tinggi dibanding daerah lainnya. Namun dengan kesiapan semua aparat dan partisipasi aktif masyarakat untuk menjaga kedamaian, maka Kapolda Safaruddin optimis pilkada serentak di Kaltim dan Kaltara akan berlangsung sukses dan lancar.

Dalam upacara peringatan tersebut, Kapolda Kaltim Irjen Pol Safaruddin juga membacakan sambutan tertulis Kapolri Jenderal Badrodin Haiti. (sul/hmsporv)

////Foto : Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak dan Kapolda Kaltim Irjen Pol Safaruddin (kiri) saat menghadiri HUT Ke-70 Korp Brimob di Markas Brimob Polda Kaltim. (samsul arifin/humasprov)

 

Berita Terkait
Government Public Relation