Gubernur Minta Puskesmas di Daerah Dioptimalkan

SAMARINDA - Gubernur Kaltim, H Awang Faroek Ishak meminta kepada Pemkab/Pemkot se Kalimantan Timur lebih mengoptimalkan peran Puskesmas di daerahnya masing-masing. Puskesmas sudah saatnya mengambil sebagian peran RSUD dalam memberi pelayanan kesehatan masyarakat. 

"Sistem ini yang harus dikembangkan ke depan. Puskesmas harus lebih difungsikan memberi pelayanan kesehatan masyarakat. Jadi, tidak semua harus ke RSUD, kecuali jika memang membutuhkan penanganan serius,"kata Awang Faroek Ishak, Kamis (13/50

Lebih lanjut, Awang Faroek mengatakan, seharusnya masyarakat bisa menyesuaikan kondisi kesehatannya dengan tempat pelayanan kesehatan yang akan dituju. Tidak harus semuanya ke RSUD.

"Paling tidak untuk pelayanan kesehatan pertama lebih diarahkan ke Puskesmas. Dari situ, jika memang bisa ditangani kan bisa langsung dirawat, sedang yang butuh pelayanan lanjutan, baru dirujuk ke RSUD," tandasnya.

Dengan demikian, Awang Faroek  berharap masyarakat semakin terlayani. Sebab, dengan kondisi sekarang tidak semua pasien terlayani dengan baik, sehingga harus mengantre panjang untuk memperoleh pelayanan kesehatan lantaran keterbatasan tenaga medis maupun kapasitas ruangan rawat inap. 

Menurut Awang Faroek, melalui optimalisasi peran Puskesmas yang salah satunya dengan pengembangan layanan 24 jam dan Puskesmas Plus dengan dilengkapi pelayanan rawat inap diharap dapat mengatasi permasalahan tersebut. Masyarakat sudah bisa mendapat pelayanan kesehatan, bahkan dirawat inap di Puskesmas, sehingga tidak semua minta harus dirujuk ke RSUD.

"Itu sebabnya saya terus meminta kepada seluruh  bupati dan walikota untuk mengembangkan Puskesmas ke arah sana. Paling tidak di daerahnya harus ada Puskesmas yang memberikan pelayanan 24 jam dengan fasilitas rawat inap,"pintanya.(mar/humasprov

Berita Terkait