Gubernur : Olahraga Mampu Mengangkat Harkat Martabat Bangsa
Welcome Party Cheng Hoo Cup ke 8 Bola Basket 
 
SAMARINDA- Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak mengatakan olahraga dinilai mampu mengangkat harkat martabat dan derajat bangsa Indonesia di mata bangsa negara lain.  Karena itu, semangat olahraga harus digalakkan sejak dini. Apalagi di Kaltim semangat olahraga terus terbangun, terbukti berbagai prestasi telah dicapai atlet Kaltim. Mulai PON 2008 di Kaltim hingga 2012 di Riau Kaltim mampu menjadi provinsi terbaik di luar Pulau Jawa.
“Bahkan, sesuai Kaltim Summit 2013 di Balikpapan, Pemprov Kaltim bertekad untuk meningkatkan prestasi olahraga di daerah agar lebih baik ke depan. Semangat olahraga harus terus dibangun, karena olahraga mampu mengangkat harkat martabat bangsa. Saya merasakan itu, karena pernah memimpin kontingen Indonesia ke Thailand untuk bersaing dengan peserta se Asia. Ternyata kontingen Indonesia mampu meraih juara. Ketika itu saya merasa bangga, karena empat kali menyanyikan lagu Indonesia Raya, karena kontingen Indonesia meraih 4 medali emas,” kata Awang Faroek Ishak di welcome party Cheng Hoo Cup ke 8 Bola Basket di Hotel Senyiur Samarinda, Rabu malam (27/11).
Menurut dia, melalui olahraga kebersamaan dapat ditingkatkan, sehingga mampu meraih prestasi yang diinginkan. Terbukti, yang dilakukan Pemprov Kaltim dengan sejumlah stakeholder di daerah, baik SKPD di lingkungan Pemprov Kaltim, Pemkab/Pemkot se Kaltim dan perusahaan di daerah terjalin kebersamaan.
Dengan begitu, ternyata Kaltim mampu menjadi terbaik di luar Pulau Jawa ketika PON 2008 dan 2013. Selain itu, melalui kebersamaan bukan hanya prestasi olahraga saja yang dicapai Kaltim, tetapi peningkatan pertumbuhan pembangunan infrastruktur di Kaltim juga terus meningkat.
“Hal ini juga yang telah disampaikan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono bahwa Kaltim bukan lagi raksasa tidur, tetapi Kaltim sudah berlari dengan cepat dalam pembangunan ekonomi. Apalagi, pembangunan infrastruktur di Kaltim terus dibangun. Mulai pembangunan Bandara Internasional Sepinggan, Terminal Pelabuhan Peti Kemas Kariangau di Balikpapan dan Jalan Tol sedang dibangun, serta pembangunan jembatan diberbagai daerah. Semua itu, karena adanya kebersamaan yang telah dilakukan,” jelasnya.
Sementara itu, pendiri Yayasan Haji Muhammad Cheng Hoo Kaltim Yos Sutomo mengatakan semangat dalam berolahraga harus ditumbuhkan oleh generasi muda di daerah. Karena, dengan semangat olahraga mampu menumbuhkan persatuan dan kesatuan bangsa.
“Saya berharap generasi muda harus tumbuh dan semangat dalam berolahraga. Jangan kalah dengan orang-orang tua yang mengikuti turnamen basket Cheng Hoo Cup ke 8. Sebab, semangat mereka masih tinggi. Karena yang mengikuti turnamen ini dari usai 40 hingga 60 tahun. Jadi, semangat berolahraga harus ditumbuhkan oleh generasi muda di Kaltim,” harapnya.
Tampak hadir malam welcome party Turnamen Basket Cheng Hoo Cup ke 8 Mantan Kepala Satuan Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI PurnPramono Edhie Wibowo sebagai penasehat Yayasan Cheng Hoo Pusat.(jay/hmsprov)
 
//Foto: SEMANGAT OLAHRAGA. Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak mendapat kehormatan pada Yayasan Haji Muhammad Cheng Hoo Kaltim yang didirikan H Yos Soetomo. (jaya/humasprov kaltim).
 
 
Berita Terkait