Gubernur : Posyandu Harus Terus Digalakkan

Gubernur : Posyandu Harus Terus Digalakkan

 

SENDAWAR – Dalam peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) ke-43 di Taman Budaya Sendawar Kutai Barat, Gubernur Awang Faroek Ishak kembali mengimbau agar jajaran PKK Kaltim menggalakkan program dan kegiatan pos pelayanan terpadu (Posyandu).

“Kader PKK hingga level paling bawah kembali galakkan program dan kegiatan Posyandu. Kelompok ini merupakan ujung tombak pelayanan kesehatan bagi balita,” kata Awang Faroek Ishak, Selasa (21/4).

Pembangunan sumber daya manusia (SDM) berkualitas menurut Awang, harus dimulai dari pelayanan kesehatan dasar dan berkelanjutan. Maka, pelayanan itu terdapat di Posyandu yang selama ini dijalankan kader-kader PKK di lingkup rukun tetangga (RT).

Namun demikian menurut Gubernur, jajaran PKK di provinsi hingga kabupaten dan kota terus berupaya meningkatkan kemampuan dan keterampilan para kader, utamanya yang berada langsung di tingkat desa dan rukun tetangga.

Tekad pemerintah daerah untuk meningkatkan taraf hidup dan derajat kesehatan masyarakat harus dapat diwujudkan dengan pelibatan semua elemen masyarakat dan TP-PKK yang sudah memiliki kader hinhgga level paling bawah dapat melakukannya.

Selain itu, terhadap 10 program PKK  sangat sesuai dengan program pembangunan yang diprioritaskan pemerintah, sehingga keterlibatan dan peran aktif jajaran TP-PKK sangat penting dan strategis dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Pemerintah terus mengandalkan TP-PKK hingga jajaran paling bawah, terutama mampu mengimplementasikan program-program organisasi untuk bersama-sama mewujudkan kemandirian dan kesejahteraan keluarga di Kaltim,” harap Awang Faroek Ishak.

Sementara itu Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan dan KB Kaltim Hj Ardiningsih mengemukakan pihaknya terus mendorong jajaran PKK untuk meningkatkan terbentuknya keluarga sejahtera dengan pemberdayaan Posyandu.

“Kami bekerjasama dengan PKK melakukan evaluasi dan penilaian terhadap kinerja Posyandu  khususnya pembinaan, manajemen dan keaktifan serta administrasi Posyandu yang dilakukan kader PKK di tingkat kabupaten dan kota hingga desa bahkan RT,” ujar Ardiningsih.(yans/sul/hmsprov)

Berita Terkait