Gubernur : PSSI Harus Hidupkan Palaran

Usai Nobar Laga Pusam U-21 vs Timnas U-19

SAMARINDA - Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak mengimbau agar PSSI Kaltim dapat memaksimalkan fasilitas olahraga yang tersedia di Komplek Stadion Utama Kaltim di Kecamatan Palaran, Samarinda. Salah satunya dengan  memfungsikan stadion termegah di Kaltim itu dengan pertandingan-pertandingan resmi PSSI. Awang yakin, selain memberikan dampak positif terhadap pembinaan dan prestasi, pemanfaatan Stadion Utama Kaltim secara langsung akan berdampak pada peningkatan ekonomi masyarakat.  

“Saya sangat senang, karena Stadion Utama Kaltim di Palaran kembali  difungsikan. Selanjutnya, PSSI Kaltim diharapkan dapat menghidupkan Komplek Stadion Utama ini. Terutama untuk pertandingan-pertandingan resmi yang diprogramkan PSSI. Termasuk semua venue yang ada di komplek ini,” kata Awang Faroek Ishak usai menyaksikan pertandingan uji coba antara Pusam U-21 menghadapi Timnas U-19, Jumat malam (14/3).

Awang menilai, bukan hanya stadion utama saja yang patut difungsikan, tetapi seluruh venue eks PON 2008 Kaltim sudah selayaknya difungsikan. Jika semua dapat difungsikan, pengaruhnya terhadap pertumbuhan ekonomi masyarakat pasti sangat besar.  Usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) harus mampu memanfaatkan momentum ini. 

“Saya berharap program ekonomi kerakyatan bisa berkembang di sini. Termasuk, wisata belanja yang telah berjalan di Stadion Sempaja bisa dihidupkan di Palaran. Termasuk sarana transportasinya juga akan kita perhatikan di daerah ini, sehingga bisa meningkatkan usaha-usaha baru di Palaran,” jelasnya.

Sementara itu, Wakil Ketua Badan Tim Nasional (BTN) PSSI H Harbiansyah Hanafiah mengatakan siap menghidupkan Stadion Utama Kaltim Palaran dengan  laga-laga resmi yang diprogramkan PSSI.   

“Ada dua misi yang diharapkan dengan melaksanakan pertandingan-pertandingan resmi di Palaran, yaitu menghidupkan ekonomi kerakyatan dan pengembangan kota di Palaran. Sesuai harapan gubernur, setiap pertandingan Pusam nantinya juga akan  dilaksanakan di Palaran,” tegas Harbiansyah.

Laga ujicoba Jumat lalu dimenangi Timnas U-19 dengan skor 2-0. Dua gol Timnas dicetak Ilham Udin Armain menit 15 dan Evan Dimas menit 39 babak pertama. Minggu malam tadi, Timnas U-19 secara khusus diundang Gubernur Awang Faroek Ishak di Pendopo Lamin Etam. Selanjutnya, Timnas masih akan bertandang ke Kutai Kartanegara untuk melakukan ujicoba dengan Mitra Kukar U-21, Senin (17/3).  (jay/sul/hmsprov)

//Foto: BANYAK MANFAAT. Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak menyalami Kesebelasan Pusam U-21 sebelum tanding dengan Timnas U-19. (fajar/humasprov kaltim)

Berita Terkait
Government Public Relation