Gubernur Ajak Masyarakat Promosikan Potensi Wisata Kaltim

Gubernur Ajak Masyarakat Promosikan Potensi Wisata Kaltim

 

SAMARINDA – Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak mengajak kepada seluruh masyarakat Kaltim, khususnya yang mempunyai hobi travelling (jalan-jalan) atau berwisata, ikut memperkenalkan dan mempromosikan potensi wisata yang tersebar di daerah ini.

Hal itu, menurut dia, dapat dilakukan dengan menceritakan dan menyebarluaskan informasi potensi wisata di Kaltim kepada sanak saudara, teman maupun orang-orang yang ditemui ketika sedang dalam perjalanan ataupun saat melakukan kunjungan ke daerah lain.

“Pengalaman dan wawasan tentang Kaltim, khususnya objek-objek wisata yang pernah dikunjungi, bisa dipromosikan dengan berbagi kisah kepada wisatawan lainnya yang ditemui saat berkunjung ke satu tempat wisata di wilayah Indonesia,” jelas Awang Faroek belum lama ini.

Seperti diketahui, sebut dia, Kaltim cukup kaya akan keanekaragaman seni budaya, serta nilai-nilai luhur yang dijunjung tinggi oleh masyarakat Kaltim yang meliputi budaya pesisir, keraton dan pedalaman. Potensi wisata Kaltim harus bisa menjadi kebanggaan bersama dan seharusnya dapat dikenalkan kepada masyarakat Indonesia dan masyarakat dunia.

“Terlebih lagi sebagai daerah tujuan wisata di Indonesia, Pemprov Kaltim telah menjadikan sektor pariwisata sebagai unggulan daerah dalam meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat,” sebutnya.

Kaltim memiliki berbagai potensi objek wisata, seperti wisata bahari di Kepulauan Derawan, wisata ecotourism Taman Nasional Kayan Mentarang (TNKM) di Malinau, Taman Nasional Kutai (TNK) di Kutai Timur, riam sungai di Kutai Barat dan Mahakam Ulu.

Kemudian, ada beberapa even kepariwisataan yang perlu mendapat promosi ke masyarakat luas misalnya Erau di Tenggarong, Kutai Kartanegara, Birau di Berau dan Bulungan, Irau di Malinau dan Tana Tidung, Festival Kemilau Seni Budaya Benua Etam, Festival Japin Internasional, Festival Mahakam dan pesta adat di beberapa kabupaten/kota.

“Even-even kepariwisataan tersebut secara rutin dilaksanakan setiap tahun yang tentunya memerlukan promosi yang perlu disebarkan secara luas, tidak terkecuali bagi pihak swasta harus pro aktif dalam mempromosikan kegiatan kepariwisataan tersebut secara nasional bahkan internasional,” katanya.

Pemprov bersama kabupaten/kota terus membenahi infrastruktur penunjang objek wisata di daerah. Mulai dari jalan akses, perhotelan, restoran dan sarana transportasi terus diperbaiki dan dilengkapi, guna menjadikan sektor pariwisata sebagai sektor unggulan dalam struktur perekonomian Kaltim. (her/sul/es/hmsprov)

////FOTO : Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak (dua dari kanan) bersama Bupati Berau Makmur HAPK (empat dari kiri) saat meresmikan pelaksanaan Festival Derawan 2013 sebagai upaya menggaungkan dunia kepariwisataan Kaltim.(dok/humasrov)

Berita Terkait
Government Public Relation