Gubernur akan Tanam Mangrove

SAMARINDA - Masih dalam rangkaian HUT Pemprov Kaltim Ke-56 pada Sabtu (2/2) akan dilakukan pencanangan Sejuta Mangrove di kawasan Delta Mahakam,  tepatnya di Teluk Pamedas  Kecamatan Samboja, Kutai Kartanegara. Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak memastikan siap hadir dalam pencanangan tersebut.

Selain Gubernur, jajaran satuan kerja perangkat daerah (SKPD) di lingkungan Pemprov Kaltim juga akan hadir bersama Gubernur. ”Kami siap hadir untuk mendukung kegiatan penanaman Sejuta Mangrove,” kata Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak saat menerima jajaran Total E&P Indonesie (TEPI) selaku  panitia kegiatan di ruang Kantor Gubernur, Kamis (31/1).

Dijelaskan, untuk menghijaukan kawasan Delta Mahakam, berbagai upaya harus terus dilakukan dengan kebersamaan masyarakat dan pemangku kepentingan lainnya. Melalui program Kaltim hijau yang dicanangkan Pemprov Kaltim sejak  2010 melalui kampanye aksi  One Man Five Trees (Omfit), hingga 2012, telah ditanam 67.768.093 pohon dari target 17.842.900 pohon.

”Saya minta panitia menyiapkan lima bibit mangrove untuk gubernur juga pimpinan  SKPD untuk bersama-sama menanam dan waktunya agar dipersiapkan dengan tepat, jangan sampai air laut pasang sehingga menghambat acara,” pesan gubernur.

Gubernur juga meminta agar kegiatan ini dipublikasikan melalui media massa lokal maupun nasional sehingga kampanye hijau yang dilakukan perusahaan perminyakan internasional itu bisa diketahui secara lebih luas.

Sementara itu Head Division Sustainable Development dan Social Relations, Kusuma Adinugroho mengatakan, lokasi program penanaman mangrove sudah siap dan letaknya tidak jauh dari lokasi penanaman tahun lalu.

Panitia telah menyiapkan 10 ribu bibit mangrove siap tanam. ”Dengan kesedian Bapak Gubernur Awang Faroek Ishak hadir pada penghijuan Mangrove nanti, tentunya sebuah kebanggan bagi keluarga besar Total Indonesie,” ujar Kusuma.  

Turut hadir pada pertemuan itu Asisten Kesejahteraan Rakyat Setprov Kaltim H Sutarnyoto, Asisten IV Bidang  Adminitrasi Umum  H Sofyan Helmi, Kepala BLH Kaltim Indra Riza Riadi dan Kepala Biro Humas Sekprov Kaltim S Adiyat. (sar/hmsprov)

Foto: Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak dan Head Division Sustainable Development dan Social Relations, Kusuma Adinugroho usai pertemuan. (sarjono/humasprov kaltim).

Berita Terkait