Gubernur Apresiasi Derawan Terpilih Best Trips 2014

Gubernur Apresiasi Derawan Terpilih Best Trips 2014

 

SAMARINDA – Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kaltim HM Aswin mengatakan Gubernur H Awang Faroek Ishak atas nama Pemerintah Provinsi Kaltim sangat mengapresiasi terhadap predikat yang diraih Pulau Derawan sebagai Best Trips 2014.

Predikat tersebut menurut Awang Faroek yang disampaikan Aswin, sangat pantas disandang Pulau Derawan karena selama ini Pemprov Kaltim terus berupaya mempromosikan bahkan memasarkan potensi wisata di gugusan kepulauan di Kabupaten Berau tersebut.

“Predikat yang disandang Derawan sesuai dengan pengakuan para pembaca National Geographic dan akhirnya memilih gugusan kepulauan di Kabupaten Berau sebagai Best Trips 2014,” ujar Aswin.

Pembaca National Geographic telah memilih beberapa pulau di seluruh dunia sebagai nominasi destinasi namun dari 66  destinasi wisata dunia. Maka, para pembaca paling favorit telah memilih Derawan bersama lima destinasi pilihan lainnya di dunia.

Aswin menyebutkan dari lima destinasi wisata di dunia maka pembaca National Geographic menentukan Pulau Derawan berada pada urutan teratas dengan penilaian turis yang berkunjung ke pulau tersebut layaknya menemukan tempat terindah di muka bumi.

Bahkan lanjut Aswin, para turis yang datang serta berkunjung ke Derawan tidak semata dapat  menikmati pulau tersebut tetapi dapat menikmati gugusan kepulauan sekitarnya yang tidak kalah indah dan unik dengan kekhasan yang dimiliki seperti Kakaban, Maratua serta Sangalaki.

“Para turis datang dan berkunjung wisata alam tidak saja menikmati keindahan Pulau Derawan tetapi gugusan pulau lainnya yang memang memiliki keindahan serta keunikan tersediri. Misalnya, Pulau Kakaban, Sangalaki maupun Maratua,” jelas Aswin.

Masih ujar Aswin, Gubernur Awang Faroek Ishak mengharapkan agar pengelolaan gugusan pulau Derawan, Maratua, Kakaban, Sangalaki di Kabupaten Berau itu semakin ditingkatkan dengan melibatkan instansi teknis setempat serta masyarakat dan pihak swasta.

“Keamanan dan kenyamanan wisatawan merupakan jaminan objek wisata akan semakin ramai dikunjungi termasuk masyarakat mancanegara. Terutama aksesibilitas dan fasilitas yang tersedia juga tampilan atau atraksi wajib disediakan,” harap Aswin.

Gubernur menambahkan pula predikat yang diraih Kabupaten Berau khususnya gugusan kepulauan Derawan, Sangalaki, Maratua serta Kakaban hendaknya menjadi motivasi bagi kabupaten dan kota lain di Kaltim untuk meningkatkan pengelolaan kepariwisataan daerah khususnya wisata alam atau ecotourisme.(yans/sul/hmsprov) 

 

//Foto: PENGAKUAN DUNIA. Gubernur Awang Faroek Ishak (kedua dari kanan) pada launching Festival Derawan 2013 lalu. (dok humasprov)

 

Berita Terkait
Government Public Relation