Gubernur Apresiasi Inisiatif DPRD Paser

Sampaikan Aspirasi Rakyat

AMARINDA - Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak Selasa (8/9) kemarin menerima kunjungan rombongan DPRD Kabupaten Paser yang dipimpin ketuanya, H Kaharuddin. Kunjungan ini mendapat apresiasi tinggi Gubernur Awang Faroek, sebab tidak semua DPRD Kabupaten dan Kota melakukan seperti apa yang dilakukan DPRD Paser.

"Apresiasi sangat tinggi saya sampaikan kepada DPRD Kabupaten Paser. Langkah seperti inilah yang saya harapkan. Anggota DPRD datang menyampaikan aspirasi rakyat dan menjadi tugas saya untuk mendengarkan secara seksama, lalu menindaklanjutinya," kata Awang Faroek di ruang rapat Gubernur di ujung pertemuan.

Beragam aspirasi yang disampaikan Anggota DPRD Paser langsung dicatat dan beberapa diantaranya langsung dijawab oleh Gubernur. Cara semacam ini yang seharusnya dilakukan kata Gubernur dan bukan justru Anggota DPRD meminta dana aspirasi. Sebab proses perencanaan dan pelaksanaan pembangunan sudah memiliki mekanisme dan prosedur resmi yang harus dilalui.

Hal pertama yang dipertanyakan Ketua DPRD Paser H Kaharuddin kepada Gubernur Awang Faroek Ishak adalah seputar belum turunnya surat keputusan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) untuk penetapan Penjabat (Pj) Bupati Paser. Menanggapi pertanyaan itu, Gubernur Awang Faroek Ishak menjelaskan, bahwa semua proses usulan nama Pj. Bupati Paser sudah berada di meja Mendagri dan tinggal menunggu penetapan.

"Semua proses sudah kita lewati dan sekarang sudah sampai di meja Pak Mendagri. Pagi tadi saya sudah komunikasi pertelepon dengan beliau dan siang ini (kemarin), mudah-mudahan sudah bisa ditandatangani," sebut Gubernur memberi jawaban yang menyulut tepuk riuh peserta audensi.

Gubernur juga menginformasikan, bila SK Mendagri bisa segera diterima dan tidak ada aral melintang, maka pelantikan Pj Bupati Paser akan dilaksanakan pada Jumat (11/8).  Kehadiran Pj. Bupati Paser nantinya akan membantu mempercepat proses pembangunan di kabupaten paling selatan Kaltim itu, termasuk untuk proses transfer bantuan keuangan pemerintah provinsi dalam APBD-Perubahan 2015.

Dukungan lain yang sangat diharapkan masyarakat Paser dari Pemprov Kaltim adalah untuk pembangunan Bendungan Lambakan dan Bendungan Telake. Dua bendungan ini akan sangat bermanfaat untuk mendukung penyediaan air persawahan di Kecamatan Long Kali, Long Ikis dan Babulu.

Gubernur Awang Faroek menegaskan sangat mendukung pembangunan kedua bendungan tersebut karena sangat sejalan dengan program provinsi maupun program pemerintahan Jokowi-JK yang akan membangun lebih banyak infrastruktur, khususnya bendungan dan jaringan irigasi untuk mendukung pembangunan pertanian menuju kedaulatan pangan di Indonesia.

Aspirasi terakhir yang mendapat sambutan positif Gubernur Awang Faroek Ishak adalah usul perjuangan rakyat Paser untuk mengambil kembali Pulau Balag-Balagan yang sudah menjadi wilayah Provinsi Sulawesi Barat.

"Silahkan kumpulkan semua bukti dan persyarataran serta pendukung lain untuk kita lanjutkan ke Mahkamah Konstitusi. Kalau semua sudah lengkap, lapor ke saya nanti akan saya bantu fasilitasi. Mari kita rebut kembali Pulau Balag-Balagan," tegas Gubernur.

Sementara itu, Ketua DPRD Kabupaten Paser, H Kaharuddin memuji dukungan yang terus diberikan Gubernur Awang Faroek Ishak dan Pemprov Kaltim untuk kemajuan Kabupaten Paser. Salah satu contoh yang dikemukakan Kaharuddin, dukungan pembangunan infrastruktur jalan dari dan ke Kabupaten Paser.

"Paser ke PPU dulu harus kita tempuh 3-4 jam. Tapi sekarang, dua jam sudah bisa tembus," ujar Kaharuddin.

Karena itu, pihaknya sangat sependapat dengan saran Gubernur Awang Faroek agar siapapun bupati  Paser yang terpilih nantinya hendaknya bisa tetap melanjutkan program pembangunan yang sinergis dengan rencana pembangunan jangka menengah dan jangka panjang yang disusun pemerintah provinsi.

"Semoga Paser tetap kondusif dan pembangunan dalam kepemimpinan selanjutnya tetap bisa berjalan sinergis dengan program provinsi dan pusat. Kami akan terus melakukan pengawasan untuk itu Pak Gubernur," pungkas Kaharuddin.

Pada kesempatan itu, dialog juga dilakukan antara Gubernur Awang Faroek Ishak dan Anggota DPRD Paser yang datang hampir dengan komposisi yang lengkap. (sul/es/HMSPROV).

 

///FOTO : Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak bersama jajaran DPRD Kabupaten Paser.(seno/humasprov)

 

 

Berita Terkait
Government Public Relation