Gubernur Apresiasi Kinerja Bupati Berau

//Foto: Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak ketika melantik Pj Bupati Berau, Drs H. Syarifuddin MSi. (fajar/humasprov kaltim).

 

Gubernur Apresiasi Kinerja Bupati Berau

 

SAMARINDA – Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak atas nama Pemerintah Provinsi Kaltim sangat mengapresiasi terhadap kinerja Pemerintah Kabupaten Berau di bawah kepemimpinan Makmur HAPK selama 10 tahun yang saat ini telah selesai masa jabatannya.

Berbagai prestasi telah diraih kabupaten paling utara Kaltim setelah pemekaran wilayah (Kalimantan Utara) baik prestasi tingkat provinsi maupun nasional terkait kebijakan pembangunan, tata kelola pemerintah serta pendidikan dan dunia olahraga.

“Saya sangat apresiasi atas kinerja pak Makmur (Bupati Kabupaten Berau periode  2010-2015) bersama wakil bupati yang telah membawa kabupaten paling utara Kaltim meraih berbagai kemajuan dan prestasi di provinsi bahkan nasional,” kata Awang Faroek Ishak pada Pengambilan Sumpah Jabatan dan Pelantikan Pj Bupati Berau di Pendopo Lamin Etam, Kamis (8/10).

Menurut Awang, prestasi yang diraih Kabupaten Berau diantaranya mampu menciptakan daerah tersebut menjadi wilayah yang maju dengan capaian pembangunan yang pesat serta  mewujudkan tata kelola pemerintah yang bersih dan berwibawa.

Terbukti, Kabupaten Berau telah mampu memperoleh predikat opini wajar tanpa pengecualian (WTP) terhadap pengelolaan keuangan pemerintah daerah oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK-RI).

Selain itu,  pemerintah kabupaten telah mampu bekerjasama dengan pihak perusahaan dalam pengelolaan sumber daya alam (SDA) khususnya PT Berau Coal telah berhasil membangun pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) Lati berbahan baku batu bara.

Karenanya, berkat dukungan batu bara dari PT Berau Coal terhadap PLTU Lati mampu memenuhi kebutuhan serta mandiri dalam energy listrik di Kabupaten Berau, sehingga tidak bergantung lagi pada pasokan listrik dari PLN.

“Komitmen yang kuat dari kepala daerah seperti pak Makmur dalam pengelolaan sumber daya alam berupa batu bara untuk memenuhi kebutuhan energy listrik hendaknya menjadi contoh bagi daerah-daerah lain penghasil batu bara,” ungkap Awang Faroek.

Prestasi lainnya lanjut Awang, Berau telah ditetapkan sebagai kluster atau kawasan pengembangan industri pariwisata nasional. Bahkan kabupaten ini telah menjadi daerah tujuan investasi  ecotoursme bidang kelautan.

Termasuk pemerintah kabupaten telah kerjasama dengan pihak swasta dalam pembangunan Akademi Komoditas yang telah dikembangkan menjadi technopark untuk smelter dan mining (pertambangan).

Kabupaten Berau menjadi pusat dan ditetapkan kegiatan bidang keolahragaan atau cabang olahraga kelautan dan perairan. Pada PON 2018 lalu para atlet olahraga perairan Kaltim mampu meriah prestasi gemilang demikian diharapkan pada PON 2016 Jawa Barat nantinya.

Kabupaten Berau menurut Awang, atas kemajuan dan prestasi yang telah diraih serta didukung potensi daerah yang besar menjadikan wilayah ini sebagai tanah harapan dan masa depan di Kaltim.

“Sengaja saya menyinggung keberhasilan pembangunan daerah yang telah dilakukan Pak Makmur HAPK. Kinerja dan prestasi ini hendaknya menjadi best practice bagi calon kepala daerah di Kaltim,” harap Awang Faroek Ishak.(yans/hmsprov)

Berita Terkait