Gubernur Apresiasi PMI Kaltim

Gubernur Awang Faroek Ishak saat menerima pengurus PMI Kaltim. (dok/humaspov)

 

Gubernur Apresiasi PMI Kaltim, Pendonor Darah adalah Pahlawan Tanpa Tanda Jasa

 

SAMARINDA-Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek  Ishak mengapresiasi dan menghargai kegiatan para relawan Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Kaltim yang bekerja keras memenuhi kebutuhan darah di Kaltim. "Diharapkan PMI di seluruh kabupaten/kota di Kaltim bisa aktif sebagai penyiap donor untuk kemanusiaan. Unit-unit relawan perlu dibentuk juga di setiap organisasi perangkat daerah (OPD), termasuk di sekolah-sekolah," kata Awang Faroek Ishak saat menerima audiensi jajaran PMI Provinsi Kaltim, belum lama ini.

 

Selain OPD dan sekolah-sekolah, gubernur juga minta kepada perusahaan-perusahaan yang beroperasi di Kaltim juga bisa ikut berpartisipasi memberikan sumbangan melalui Corporate Social Responsibilty (CSR). "Siapa lagi yang akan membantu PMI kalau bukan kita, PMI dari kita untuk kita juga untuk masyarakat. Dengan begitu kegiatan PMI dalam menyiapkan darah bisa terus terlaksana dengan baik," ujar Awang Faroek.

 

Menurut Awang Faroek, para pendonor darah yang secara sukarela mendonorkan darahnya, siapapun dia dan darimana pun dia, mereka adalah pahlawan tanpa tanda jasa. Apalagi bagi mereka yang telah mendonorkan darahnya sudah lebih 100 kali yang jumlahnya lebih dari 100 orang, Pemprov Kaltim akan memberikan penghargaan karena kegiatan sosial yang luar biasa. "Saya menaruh hormat kepada mereka selaku penyumbang tetap darah di PMI dan mereka adalah pahlawan tanpa tanda jasa, karena mereka rela menyumbangkan darahnya untuk kemanusiaan, tanpa memilih siapa yang akan mendapatkan darah yang didonorkannya," kata Awang.

 

Untuk memberikan apresiasi kepada para pendonor darah yang sudah lebih 100 kali mendonorkan darahnya, Gubernur berjanji akan memberikan penghargaan yang akan diberikan pada saat  hari besar seperti HUT Provinsi Kaltim maupun HUT RI. Menurut Gubernur meraka itulah yang harus diberikan penghargaan, karena mereka adalah pahlawan-pahlawan yang patut dihargai dan diberikan penghargaan. "Pada HUT ke-72 Kemerdekaan RI mendataang, kita akan berikan penghargaan kepada para pendonor yang sudah 100 kali melakukan donor darah," janji Awang.

 

Sementara Wakil Ketua Bidang Pendanaan PMI Kaltim Hj Encek Widyani mengatakan gubernur sangat mendukung  kegiatan PMI demi kemanusiaan bekerja sama dengan OPD terkait, termasuk dengan pihak perusahaan melalui CSR-nya untuk peduli kegiatan PMI, baik untuk bantuan dana maupun donor darah. "Tanpa dukungan dana yang memadai, tentu kegiatan PMI tidak maksimal. Gubrenur mengharapkan PMI bisa bekerjasama dengan OPD terkait maupun dengan pihak perusahaan melalui CSR mereka,"kata Encik Widyani.(mar/sul/humasprov)

Berita Terkait