Gubernur Apresiasi Proaktif ODP dan PDP

Foto : Ahmad Riyandi

SAMARINDA - Gubernur Kaltim Dr H Isran Noor menyatakan harapannya kepada warga yang secara langsung melaporkan kondisi kesehatannya kepada petugas kesehatan ataupun di jalur Call Centre 112, khususnya terkait upaya antisipasi virus corona atau corona virus disease 2019 (Covid 19).

 

Terhadap kesadaran diri warga yang melaporkan kondisi kesehatannya kepada petugas kesehatan atau rumah sakit, Gubernur Isran Noor atas nama pemerintan juga maayarakat sangat mengapresiasi.

 

Tidak terkecuali warga Samarinda yang saat ini menjadi orang dalam oemantauan (ODP) maupun pasien dalam pengawasan (PDP) sebab positif terindikasi Covid 19.

 

"Jadi ini yang kita inginkan, ketika ada warga memiliki kesadaran tinggi segera melaporkan kondisi kesehatannya kepada petugas atau call centre 112," ucap Isran Noor saat konferensi pers dengan puluhan awak media terkait hasil positif satu orang warga Kota Samarinda suspect Covid-19 di Kantor Gubernur Kaltim Jalan Gajah Mada Samarinda, Rabu (18/3/2020) malam.

 

Menurut Isran, dalam memerangi virus corona ini tidak bisa hanya mengandalkan petugas kesehatan dan pemerintah semata. Tetapi bagaimana masyarakat juga pro aktif memeriksakan kondisi kesehatannya ke rumah sakit, selain menerapkan pola hidup sehat.

 

Karenanya, Gubernur meminta masyarakat dengan kesadaran penuh, selain mengikuti instruksi pemerintah yang disampaikan melalui Surat Edaran Gubernur Kaltim nomor 440/1871/0213-II/B.Kesra tentang Tindak Lanjut terkait Pencegahan Penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di lingkungan Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur.

 

Juga, segera memeriksakan kesehatan dirinya terlebih bagi warga yang baru datang bepergian dari daerah lain yang terindikasi pendemi Covid 19 tinggi. Terlebih, jika ada riwayat kontak langsung dengan orang positif Covid 19 di luar Kaltim.

 

"Melawan makhluk halus tidak kasat mata ini, kita harus bersama-sama. Maka, kesadaran masyarakatlah yang harus diutamakan agar segera melaporkan diri kalau merasa ada gangguan kesehatan," harapnya.

 

Diakui Gubernur, berkat pro aktif warga Samarinda yang dinyatakan positif Covid-19, saat ini kondisinya sudah membaik dan terus dilakukan perawatan secara intensif oleh petugas khusus dan ahli dibidangnya.

 

"Saya dan kita semua sangat berterimakasih kepada seluruh petugas medis yang sudah bekerja keras dalam penanganan warga yang ODP terlebih PDP," ungkap Isran Noor.

 

Gubernur mengajak semua pihak tidak terkecuali awak media atau wartawan melalui medianya untuk selalu menyadarkan masyarakat pentingnya menjaga pola dan prilaku hidup sehat dengan memelihara kebersihan diri dan lingkungan.

 

"Itu yang terpenting, jaga kebersihan diri dan lingkungan," ucap Isran.

 

Untuk penanganan dan pelayanan orang positif Covid 19 di Kaltim, pemerintah menyiapkan 111 tempat tidur di 15 rumah sakit. Dan dua rumah sakit diantaranya sebagai rumah sakit rujukan perawatan (RSUD AWS Samarinda dan RSUD Kanujoso Djatiwibowo Balikpapan.(yans/humasprovkaltim)

Berita Terkait