Gubernur Awang Faroek Tinjau UNBK SMKN 2 Berau, Kaltim Menuju Provinsi Vokasi

Gubernur Awang Faroek melakukan foto bersama usai meninjau pelaksanaan UNBK di SMKN 2 Berau. (masdiansyah/humasprov)

 

BERAU - Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak di hari kedua kunjungan kerja (kunker) di Kabupaten Berau berkesempatan meninjau kegiatan ujian nasional berbasis komputer (UNBK) di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 2 Tanjung Redeb. Dalam kesempatan itu, selain memotivasi para siswa agar bersungguh-sunguh  mengerjakan jawaban juga mendoakan semoga lulus dengan memperoleh nilai terbaik. 

 

Awang juga menegaskan dirinya bersama jajaran Pemprov Kaltim khususnya seluruh stakeholders (pemangku kepentingan) di daerah bertekad mewujudkan Kaltim sebagai provinsi vokasi. "Kami sudah bertekad untuk mewujudkan Kaltim menjadi Provinsi Vokasi. Dimana jumlah sekolah kejuruan lebih diminati masyarakat dan lebih banyak dari sekolah umum," kata Awang, Senin (2/4). 

 

Gubernur meyakini melalui pendidikan vokasi atau kejuruan maka para siswa lulusan sekolah bisa mandiri karena saat lulus sudah memiliki keterampilan kerja dan usaha. Saat ini lanjutnya, pemerintah selain terus mendorong pembentukan selolah kejuruan juga terus melengkapi fasilitas serta sarana dan prasarana pendidikan guna mendukung kegiatan vokasi di sekolah tersebut.

 

Diantaranya, laboratorium untuk praktek siswa-siswi sekolah kejuruan sesuai bidang pelajaran yang dikembangkan terutama bidang keterampilan kerja yang dibutuhkan pasar kerja. "Kita ingin lulusan SMK selain terserap pasar kerja juga mampu berusaha sendiri (mandiri) bermodalkan keterampilan yang diperoleh selama menjalani pendidikan," ungkapnya.

 

Gubernur menambahkan Kaltim memiliki potensi besar untuk kegiatan usaha seperti pertanian dalam arti luas baik peternakan, kelautan perikanan, perkebunan, tanaman pangan dan hortikultura, kehutanan termasuk teknologi metalurgi, permesinan dan teknologi konstruksi. 

 

Saat peninjauan ke SMKN 2 Tanjung Redeb kemarin, Gubernur Awang Faroek didampingi Bupati Berau H Muharram dan Wakil Bupati H Agus Tantomo, Kepala Dinas Pendidikan Kaltim Hj Dayang Budiati dan disambut  Kepala SMKN 2 Tanjung Redeb Johni Molantong. UNBK SMKN 2 diikuti 124 siswa dengan tiga sesi pelaksanaan terdiri sesi pertama 7.30 Wita, sesi kedua jam 10.30 Wita dan sesi ketiga 14.00 Wita. UNBK dilaksanakan 2-5 April 2018. (yans/sul/humasprov)

Berita Terkait
Government Public Relation