Gubernur: Benahi Kekurangan dan Tingkatkan Kualitas Pelayanan Publik

Kaltim Capai Sejumlah Keberhasilan Pembangunan

SAMARINDA – Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak mengungkapkan dalam kurun waktu lima tahun periode kepemimpinannya di Kaltim bersama dengan Wagub H Farid Wadjdy (2008-2013), sejumlah keberhasilan pembangunan di berbagai sektor telah dicapai daerah ini.
Hal itu dapat dilihat dari kondisi makro perekonomian selama lima tahun terakhir yang mengalami peningkatan dan relatif stabil dengan pertumbuhan ekonomi tanpa Migas 2012 mencapai 11,31 persen, walaupun dengan Migas masih 3,98 persen sebagai konsekuensi masih dominannya sektor Migas dan batu bara.
“Akan tetapi capaian tersebut telah melampaui target RPJMD 2013, yakni 3,72 persen. Ditambah dengan tingkat inflasi pada 2012 yang terkendali pada posisi 5,60 persen. Hingga Juni 2013 tingkat inflasi Kaltim 4,10 persen,” ungkap Awang Faroek belum lama ini.
Demikian halnya dengan indikator kemajuan ekonomi yang lain, seperti Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Kaltim atas Dasar Harga Berlaku 2012, yakni  Rp419,10 triliun atau menduduki posisi ke-6 nasional. Sedangkan 2013, hingga triwulan II PDRB Kaltim tercatat Rp211,35 triliun dan diperkirakan sampai Desember 2013 PDRB Kaltim mencapai Rp447,62 triliun.
Sementara itu investasi Kaltim pada 2012 mencapai Rp30,47 triliun, terdiri dari PMDN (Penanaman Modal Dalam Negeri) Rp7,7 triliun dan PMA (Penanaman Modal Asing) Rp22,77 triliun. Sedangkan di bidang ekspor, pada 2012 Kaltim memberi kontribusi ekspor terbesar secara nasional dengan nilai 33,79 miliar  Dolar AS dan  hingga Mei 2013, ekspor Kaltim sudah sebesar 13,42 miliar Dolar AS
Selain keberhasilan bidang pembangunan perekonomian, sambung Awang Faroek, Kaltim juga berhasil meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) untuk pengelolaan keuangan negara dari BPK. Selanjutnya Kaltim mendapatkan prestasi terbaik nasional dalam bidang Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP) dengan nilai B+.
“Sektor pendidikan, kesehatan dan pertanian yang menjadi program prioritas Pemprov Kaltim telah menunjukkan peningkatan kualitas yang signifikan dari tahun ke tahun. Kemajuan perekonomian Kaltim, opini WTP dan penghargaan LAKIP menjadi bukti kemajuan dan keberhasilan pembangunan Kaltim. Namun kita juga terus berupaya untuk membenahi kekurangan yang ada dan terus meningkatkan kualitas pelayanan publik,” pungkasnya. (her/hmsprov)

///FOTO : Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak saat menerima Penghargaan LAKIP  untuk ke lima kalinya dari Wapres Boediono. Dalam hal ini  Kaltim juga menjadi yang terbaik secara Nasional.(ist)


 

Berita Terkait
Government Public Relation