Gubernur Bentuk Satgas Percepatan, Pembangunan Rel Kereta Api

Awang Faroek Ishak

 

SAMARINDA - Mendukung percepatan pembangunan rel kereta api yang dibangun oleh anak perusahaan Russian Reilways (BUMN Rusia), yaitu PT Kereta Api Borneo (KAB). Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak ketika bertemu dengan jajaran manajemen PT KAB di Jakarta mengatakan, segera membentuk Satuan Tugas (Satgas) percepatan pembangunan rel kereta api yang dilaksanakan OPD terkait di lingkungan Pemprov Kaltim.

 

Tujuan dari pembentukan ini untuk mengevaluasi perkembangan pembangunan tersebut. Artinya, permasalahan apa saja yang terjadi dalam proses pembangunan ini. "Jika ada masalah segera ditindaklanjuti dan dikoordinasikan. Sehingga pembangunan berjalan cepat," kata Awang Faroek Ishak melalui Kepala Biro Ekonomi Setprov Kaltim H Nazrin di Kantor Gubernur Kaltim, Jumat (22/12).

 

Terutama masalah lahan, diharapkan melalui pembentukan Satgas ini bisa mempercepat proses pembangunan rel kereta api. Meskipun saat ini sudah ada tim percepatan. Tetapi, dengan adanya satgas, diharapkan masing-masing satgas dapat menyelesaikan permasalahan yang terjadi dalam proses pembangunan tersebut. Misal, masalah lahan siapa yang bertugas. Masalah kehutanan dan pertambangan siapa yang bertugas. "Semua itu harus dilaporkan, sehingga pembangunan dapat tercapai sesuai yang direncanakan," jelasnya. 

 

Pembangunan rel kereta api Kaltim meliputi wilayah utara, yaitu (Kutai Timur-Kutai Kartanegara) dan wilayah selatan (Penajam Paser Utara-Kutai Barat). (jay/sul/ri/humasprov) 

 

Berita Terkait