Gubernur Beri Apresiasi Kinerja BPD

Resmikan Gedung Baru BPD Cabang Tana Paser

TANA PASER – Gubernur Awang Faroek memuji kiprah  Bank Pembangunan Daerah (BPD) Kaltim dalam pembangunan daerah. Menurut gubernur, kehadiran BPD Kaltim di hampir semua kecamatan di Kaltim, secara langsung telah mendorong percepatan pertumbuhan ekonomi daerah. Dia berharap agar semua rakyat Kaltim bisa menjadi nasabah BPD Kaltim dan terus menanamkan budaya menabung.

            Bukan hanya masyarakat, gubernur juga mengimbau kepada perusahaan-perusahaan yang beroperasi di Kaltim agar menjadi nasabah bank milik pemerintah daerah tersebut. Langkah itu, secara langsung atau tidak langsung  akan menjadi partisipasi perusahaan dalam upaya membangun Kaltim menjadi lebih baik lagi.

            “Saya berharap agar semua perusahaan yang beroperasi di Kaltim bisa menjadi nasabah BPD Kaltim atau Bankaltim. Sekarang ini tidak ada masalah, sekalipun kantor  pusatnya di Jakarta, pada hari yang sama gaji pegawai di pelosok Kalimantan Timur sekalipun secara online sudah bisa dibayarkan. Beda sekali dengan jaman dulu. Sekarang sudah bisa lewat BPD,” kata Gubernur Awang Faroek Ishak saat menghadiri Peresmian Gedung Kantor BPD Kaltim Cabang Tana Paser di Tanah Grogot, Kamis (30/1).

            Gubernur juga memuji kinerja manajemen BPD Kaltim dalam upaya membangun kantor cabang pembantu di seluruh kecamatan di Kaltim.

“Sebagai pemegang saham tertinggi saya minta agar BPD Kaltim bisa hadir di seluruh kecamatan di Kaltim lima tahun ke depan. Ternyata, BPD Kaltim dalam kepemimpinan Zainuddin Fanani, mampu melakukannya lebih cepat.  Dirut BPD ini ternyata tidak hanya memiliki semangat, tetapi memiliki semangat lebih. Tidak perlu menunggu 2018, tetapi pada 2015 nanti BPD sudah akan hadir di seluruh kecamatan,” tegas gubernur.

Kehadiran BPD Kaltim di semua kecamatan itu lanjut gubernur, sudah bisa dipastikan akan mampu mendorong pergerakan pertumbuhan ekonomi Kaltim secara bersama-bersama. Hal ini akan semakin baik jika masyarakat dan perusahaan-perusahaan di Kaltim memberikan dukungan dengan menjadi nasabah BPD.

Sedangkan kepada masyarakat dan perusahaan yang beroperasi di Kabupaten Paser, Gubernur Awang Faroek  meminta agar dapat memanfaatkan keberadaan BPD Kaltim yang kini hadir dengan tampilan yang lebih impresif dan dengan fasilitas yang lebih representatif dan varian produk yang beragam.      

            Sebelumnya, Direktur Utama BPD Kaltim Zainuddin Fanani menjelaskan, bahwa saat ini bank milik pemerintah daerah ini telah memiliki 17 Kantor Cabang, terdiri dari 15 Kantor Cabang Konvensional dan 2 Kantor Cabang Syariah. 66 Kantor Cabang Pembantu Konvensional dan 13 Kantor Cabang Pembantu Syariah. Ditambah 44 Kantor Kas Konvensional dan 2 Kantor Kas Syariah.

            “Kami akan terus bekerja keras untuk membangun BPD Kaltim hingga mampu menjadi The True Regional Champion dan memberikan kontribusi kepada pertumbuhan ekonomi di seluruh wilayah serta secara langsung memberikan pengaruh terhadap upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” beber Zainuddin Fanani.

            Khusus untuk BPD Cabang Tana Paser, Zainuddin Fanani menjelaskan, saat ini sudah ada 4 Kantor Cabang Pembantu, 2 Kantor Kas dan 1 Mobile Service (Cabang Pembantu untuk daerah Simpang Pait, Batu Kajang, Long Kali dan Kuaro).

            Gedung baru yang diresmikan penggunaannya Kamis lalu itu berada di pusat kota dan menjadi bangunan kantor termegah ibukota Kabupaten Paser. Dibangun diatas lahan seluas 4.083 m2 dengan luas bangunan 5.100 m2. Gedung baru ini dilengkapi fasilitas lift dan dibangun dengan 4 lantai. 

Untuk area parkir disiapkan lahan seluas 1.344 m2 di lantai dasar, sekaligus untuk musala, koperasi dan ruang Dharma Wanita. Lantai 1 difungsikan untuk ruang operasional pelayanan nasabah yang terdapat ruang banking hall, customer service dan ruang safe deposit box. Untuk lantai 1 ini luas area  yang disiapkan adalah 1.252 m2.

Lantai 2 dengan luasan yang sama digunakan untuk ruang operasional pemimpin cabang, ruang pelayanan prima, layanan prioritas, pelayanan kredit dan ruang bagian umum dan arsip. Ruang serba guna ditempatkan di lantai 3 yang dapat digunakan untuk seminar, rapat umum maupun resepsi pernikahan. Kapasitas  untuk 320 orang.

Saat peresmian gedung baru tersebut, Gubernur Awang Faroek didampingi Bupati Paser Ridwan Suwidi, Ketua DPRD Kaltim H Syahrun, Anggota DPRD Kaltim Rusman Yakub dan Ketua Dewan Pengawas BPD Kaltim Sulaiman Gafur. Hadir pula jajaran Muspida Kabupaten Paser. (sul/hmsprov)

 

//Foto: DIPUJI GIBERNUR. Gubernur Kaltim Dr H. Awang Faroek Ishak bersama Dirut BPD Kaltim Zainuddin Fanani dan Bupati Paser H Ridwan Suwidi. (samsul/humasprov kaltim).

 

Berita Terkait
Government Public Relation