Gubernur Beri Motivasi

Hadiri MTQ XXV Batam

BATAM-Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak berharap Kafilah Kaltim tampil maksimal dalam Musabaqoh Tilawatil Qur'an (MTQ) XXV di Batam, Kepulauan Riau. 

"Berusahalah tampil maksimal dan memberikan yang terbaik bagi Kaltim. Kami optimis Kaltim mampu meraih lima besar dengan prestasi beberapa qori kita yang berprestasi di tingkat internasional," kata Gubernur Awang Faroek Ishak di Batam, Jumat ( 6/6).

Untuk meningkatkan motivasi Kafilah Kaltim, Gubernur Awang Faroek menjanjikan bonus tertentu bagi kepada peserta MTQ asal Kaltim yang berprestasi. Namun Awang belum bersedia menyebutkan besaran bonus yang akan diberikan. Yang jelas, bagi  mereka yang masih mengikuti pendidikan, maka mereka akan direkomendasikan untuk mendapatkan beasiswa S1, S2 maupun S3.

“Apa bonusnya, masih kita rahasiakan, tetapi yang jelas pasti ada,” katanya.

Gubernur juga menyebutkan, Kaltim siap bila ditunjuk menjadi tuan rumah MTQ XXVI  pada tahun 2016. Apalagi Kaltim telah memiliki sarana yang cukup lengkap dan memadai.

"Kaltim pernah menjadi tuan rumah  MTQ pada tahun 1976, sehingga sudah saatnya Kaltim kembali menjadi tuan rumah," harap Awang.

Terkait penyelenggaraan MTQ di Batam ini, Gubernur Awang Faroek  memberikan apresiasi kepada tuan rumah yang mampu menyelenggarakan MTQ ini dengan baik, mulai dari penyambutan tamu, pengaturan pemondokan  hingga kemeriahan acara pembukaan yang dihadiri Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Selain menghadiri pembukaan MTQ, Gubernur Awang Faroek juga melakukan penanaman pohon asli Kaltim jenis Ulin, Laim dan Meranti di lahan sekitar Astaka MTQ di Dataran Engku Putri. Pada saatnya, jika pohon yang ditanam tumbuh subur, pohon-pohon tersebut akan dipindahkan ke lokasi Kebun Raya Batam di Kawasan Nongsa yang saat ini masih dalam persiapan lahan.

Saat memberi sambutan,  Presiden SBY berpamitan karena pelaksanaan MTQ Nasional di Batam ini merupakan MTQ terakhir yang dihadiri dalam kapasitas SBY sebagai presiden.
  "MTQ ini adalah yang terakhir bagi saya sebagai presiden. Harapan saya terus dilanjutkan ke depan," kata SBY. .

Presiden juga berpesan, agar pelaksanaan MTQ Nasional ke depan lebih ditingkatkan kualitasnya, tidak hanya sekedar perlombaan, tetapi harus menjadi siar Islam dan menjadi sarana edukasi bagi generasi muda.

Menurutnya, budaya keagamaan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara harus senantiasa dijunjung tinggi, mengembangkan budaya membaca, menghafal dan mengamalkan nilai-nilai qur'ani.

Acara pembukaan diawali dengan penampilan Marching Band Gita Abdi Praja Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) Jatinangor, disusul dengan persembahan tari sekapur sirih untuk presiden. Dilanjutkan defile peserta MTQ dari seluruh provinsi  diiringi musik Orkesra Kepri. (sar/sul/es/hmsprov).

///FOTO : Gubernur Awang Faroek Ishak melemparkan senyum saat disambut panitia lokal. Berikan motivasi dan bonus bagi yang berprestasi. (sarjono/humasprov)

 

 

Berita Terkait
Government Public Relation