Gubernur Berikan Penghargaan Adi Bahasa

Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-86

SAMARINDA – Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak atas nama Pemprov Kaltim pada Peringatan Hari Sumpah Pemuda (HSP) ke-86 Tahun 2014 tingkat Provinsi Kaltim  akan memberikan penghargaan Adi Bahasa kepada kabupaten dan kota.

Pemberian penghargaan itu terungkap saat rapat persiapan peringtatan HSP ke-86 di ruang rapat Tepian II yang dipimpin Asisten Kesejahteraan Rakyat Setprov Kaltim H Bere Ali. 

“Secara umum pelaksanaan HSP tahun ini tidak ada bedanya dengan penyelenggaraan tahun-tahun sebelumnya. Hanya saja tahun ini kita rangkai dengan penyerahan penghargaan Adi Bahasa bagi kabupaten dan kota,” kata Bere Ali, Rabu (22/10).

Menurut dia, anugerah Adi Bahasa yang diberikan Pemprov Kaltim merupakan apresiasi terhadap kabupaten dan kota yang sangat konsisten menggunakan Bahasa Indonesia sebagai bahasa keseharian dalam penyelenggaraan pemerintahan.

Sebab lanjutnya, masih banyak penyelenggara pemerintahan yang mengadopsi bahasa-bahasa asing dalam lembaga termasuk surat menyurat (naskah dinas), slogan-slogan maupun kegiatan lainnya. “Padahal, selayaknya kita wajib bangga dengan bahasa yang kita miliki,” ujarnya.  

Bere menyebutkan anugerah Adi Bahasa merupakan penghargaan yang diberikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan kepada provinsi di Indonesia secara nasional setiap lima tahun sekali yang dinilai memiliki komitmen tinggi dalam penggunaan bahasa Indonesia.

“Tahun ini Kaltim bersama tiga provinsi lainnya memperoleh penghargaan anugerah Adi Bahasa yang diberikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan karena dinilai sangat konsisten dalam penggunaan bahasa Indonesia dalam kegiatan pemerintahan,” ungkap Bere.

Karenanya, berdasarkan penghargaan nasional itu maka Pemprov Kaltim dalam upaya memotivasi sekaligus menggalakkan kembali penggunaan bahasa Indonesia di berbagai kegiatan pemerintahan di daerah akan memberikan penghargaan serupa.

“Bahasa asing bukan tidak penting tetapi lebih baik kita menggunakan bahasa ibu (Indonesia), sebagai penghargaan sekaligus menjunjung tinggi apa yang kita miliki khususnya bahasa Indonesia,” ujar Bere Ali.

Rapat persiapan peringatan HSP ke-86 tahun ini dihadiri Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga H Fachruddin Djaprie, pengurus Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kaltim dan jajaran terkait Pemprov Kaltim termasuk Biro Humas dan Protokol Setdaprov Kaltim. (yans/sul/es/hmsprov)

////Foto : Asisten Kesejahteraan Rakyat Bere Ali (tengah) memimpin rapat persiapan peringatan HSP ke-86. (masdiansyah/humasprov)
 

 

Berita Terkait