Gubernur Bertemu Rektor Unmul, Isran : Kaji UU Kewenangan Pemda

Gubernur Isran menerima Rektor Unmul Samarinda, Masjaya. (Foto: Syaiful Humasprov)

SAMARINDA - Bertempat di Ruang Rapat Tepian 2 Kantor Gubernur Kaltim, Rabu (6/2/2019), Gubernur Dr H Isran Noor bertemu dengan Rektor Universitas Mulawarman (Unmul) Samarinda Profesor Masjaya. Dalam pertemuan itu, jelas dan tegas gubernur meminta Unmul ikut melakukan kajian terhadap beberapa undang-undang yang diterbitkan dan diberlakukan pemerintah.

Namun UU itu lanjutnya, selain berbenturan satu sama lainnya juga mengurangi bahkan menghilangkan kewenangan pemerintah daerah. Diantaranya ungkap Isran, UU 23/2014 tentang Pemerintahan Daerah yang mengakui kewenangan pemerintah daerah dan menyatakan gubernur adalah wakil pemerintah pusat di daerah. "Tetapi dalam UU terkait pengelolaan sektor Migas. Sama sekali tidak memberikan ruang ataupun kewenangan kepada pemerintah daerah. Jadi ada UU saling berbenturan," katanya. Hal itu ujarnya, terjadi juga pada UU sektor kehutanan, lingkungan hidup dan tata ruang.

GUB-Audensi-dan-MOu-dgn-Unmul-14

Karenanya, gubernur meminta para akademisi di Unmul Samarinda mempelajari dan melakukan kajian lebih mendalam terhadap UU tersebut. Pertemuan diakhiri dengan penandatanganan kerjasama kedua belah pihak antara Pemerintah Provinsi Kaltim dengan perguruan tinggi terbesar di Benua Etam. Penandatanganan kerjasama disaksikan Ketua DPRD Kaltim HM Syahrun dan Plt Sekretaris Daerah Provinsi Kaltim Dr Hj Meiliana serta jajaran Universitas Mulawarman Samarinda.

GUB-Audensi-dan-MOu-dgn-Unmul-16

Gubernur mengapresiasi kehadiran jajaran Unmul Samarinda untuk bertemu dan berdiskusi sehingga mengetahui masalah sebenarnya untuk segera ditindaklanjuti. "Kerja sama kita sudah berlangsung lama bahkan sudah ada yang kerja sama operasi. Saya harap segera dilakukan kajian tindak lanjut dan direalisasikan," harap Isran Noor. Kerja sama terkait bidang ekonomi, SDM, pemerintahan dan aparatur, prasarana dan pengembangan wilayah, pembiayaan dan pembangunan.

Hadir Asisten Perekonomian dan Administrasi Pembangunan H Ichwansyah, Kepala BPKAD Sayyid Fathul Halim, Kepala Biro Humas Hj Riawati, para Wakil Rektor dan Dekan Unmul Samarinda.(yans/sul/humasprov kaltim)

Berita Terkait