Gubernur BI Siap Suarakan Otsus Kaltim di Pusat

Gubernur BI Siap Suarakan Otsus Kaltim di Pusat

 

SAMARINDA - Perjuangan rakyat Kaltim menuntut otonomi khusus (otsus) kembali mendapat dukungan pejabat pusat.  Kali ini dukungan disampaikan Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus DW Martowardojo.

"Apa yang telah Bapak Awang Faroek  sampaikan terkait komitmen dan inisiatif  yang sedang berjalan,  tentu menjadi cacatan kami.  Insyaallah,  kami juga akan menyuarakan  aspirasi tersebut," kata Agus Martowardojo saat bersilaturrahim dengan Gubernur Kaltim H Awang Faroek Ishak  di Guest House Lamin Etam Samarinda, Sabtu (6/2), yang  juga dihadiri Plt Sekprov Kaltim H Rusmadi, para asisten, kepala dinas dan kepala biro di lingkungan Pemprov Kaltim serta  pimpinan  perbankan dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Agus Martowardojo, yang  juga mantan Menteri Keuangan itu memahami aspirasi masyarakat Kaltim itu tidak lebih hanya untuk mendapatkan   fairness (keadilan) perimbangan keuangan pusat dan daerah.

"Sangat wajar bila masyarakat Kaltim meminta keadilan, hal itu tentunya karena daerah merasa belum ada keadilan dalam perimbagan keuangan," kata Agus.

Dia menegaskan,  tahun ini, revisi Undang Undang Nomor 33 Tahun 2004 itu akan dibahas dan dlanjutkan di DPR.  Aspirasi Kaltim setidaknya bisa diakomodasi melalui forum perjuangan tersebut untuk mendapatkan keistimewaan  atau keadilan yang lebih baik.

Sebenarnya otonomi khusus (otsus) bukan saja  di Papua dan di Aceh.  Kekhususan di DKI Jakarta dan Yogyakarta juga berhasil  disahkan melalui undang-undang. 

"Jadi dengan   latar belakang belum adanya keadilan perimbangan keuangan pusat terhadap Kaltim, tentu ini akan menjadi satu dasar untuk nanti memfinalisasi   undang-undang  perimbangan keuangan pusat dan daerah. Revisi UU 33/2004  harus lebih baik dan  mencerminkan aspirasi masyarakat Kaltim," papar Agus.

Satu pujian diberikan Agus Martowardojo ialah karena meski sedang menuntut keadilan pusat, namun rakyat Kaltim tetap melakukannya dengan santun, konstitusional dan tetap dalam bingkai NKRI.

Agus Martowardojo juga berterima  kasih memperoleh update informasi tentang inisiatif pembangunan,  baik kawasan ekonomi khusus terkait dengan pembangunan pelabuhan,  udara dan ini semua tentu menjadi catatan BI.  (mar/sul/es/hmsprov)

/////FOTO : Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak menyerahkan cendera mata kepada Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus DW Martowardojo.(fajar/humasprov)

Berita Terkait