Gubernur Buka Gelar Pangan Murah, Isran : Pangan Harus Tersedia dan Murah

Gubernur H Isran Noor didampingi Ibrahim meninjau stan Gelar Pangan Murah.(seno/humasprov kaltim).

SAMARINDA - Pangan.merupakan kebutuhan pokok masyarakat yang harus selalu tersedia dengan harga yang terjangkau bahkan murah. Hal itu disampaikan Gubernur Kaltim Dr H Isran Noor saat membuka Gelar Pangan Murah di Halaman Dinas Pangan Tanaman Pangan dan Hortikuktura Kaltim, Kamis (13/12/2018).

Menurut dia, kondisi perekonomian saat ini menuntut masyarakat berbelanja lebih ekonomis dengan pola membeli kebutuhan pokok yang murah. "Inilah upaya pemerintah mendorong pelaku usaha dan petani bahkan produsen untuk penyediaan pangan yang murah bagi masyararakat," kata Isran.

Namun demikian lanjutnya, harga komiditi tetap stabil dan memberikan kesempatan bagi petani untuk.menikmati hasil produksinya dengan harga menguntungkan.

Sementara itu Kepala Dinas Pangan Tanaman Pangan dan Hortikuktura Kaltim H Ibrahim mengemukakan gelaran ini menjadi salah satu alternatif bagi masyarakat bisa membeli bahan pangan dengan harga terjangkau. "Kegiatan ini menjelang natal dan tahun baru yang biasa terjadi lonjakan harga. Namun sampai saat ini memang tidak ada lonjakan tetapi kenaikan harga seperti biasa saat memasuki hari besar keagamaan," ujarnya.

Gelar pangan murah komoditi pangan strategis dalam rangka menjelang Natal dan Tahun Baru 2019 dilaksanakan selama dua hari (13-14 Desember) di Kantor Dinas Pangan Jalan Basuki Rahmat Samarinda. Hadir Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan H Riza Indra Riadi dan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama H Sofyan Noor.

Tampak pula Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Hj Dayang Budiati serta Kepala Dinas Perpustakaan dan Kerasipan HM Aswin serta beberapa pimpinan OPD di lingkungan Pemprov Kaltim.

Gelar pangan diikuti para pelaku usaha, petani dan produsen di bidang pertanian dan tanaman pangan di Kaltim. Kegiatan dirangkai dengan penandatanganan kerjasama Dinas PTPH dengan Bulog dan sosialisasi tanaman Anggrek oleh Persatuan Anggrek Indonesia (PAI) Kaltim Surya Silly dan Refrimen. (yans/sul/ri/humasprov kaltim)

Berita Terkait