Gubernur Buka Loka Sabha VIII


 

SAMARINDA – Ditandai dengan pemukulan gong, kegiatan Loka Sabha (Musyawarah Daerah) VIII Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Kaltim secara resmi dibuka Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak.

Perhelatan lima tahunan ini dihadiri Ketua Umum PHDI Pusat Wisnu Bawa Tenaya serta pimpinan lembaga agama di Kaltim dan Ketua FKUB Kaltim H Asmunie Ali.

Dalam kesempatan itu, Gubernur Awang Faroek Ishak mengatakan PHDI merupakan paguyuban atau organisasi keagamaan yang telah menjadi mitra sejati pemerintah.

“Lembaga ini mitra sejati kami karena banyak dukungan dan peranan warganya pada pembangunan maupun pembentukan moral spiritual masyarakat,” katanya, Minggu (19/2).

Gubernur mengakui selama ini tidak pernah terjadi konflik di masyarakat yang dilakukan warga Bali (PHDI) sebaliknya mereka sangat berperan dalam pengembangan daerah.

Misalnya, banyak warga Bali yang menjadi peserta transmigrasi yang tersebar di beberapa kabupaten dan berhasil mengembangkan usaha serta meningkatkan taraf hidupnya.

Kedepan lanjut Awang, Pemprov akan meningkatkan kerjasama dengan PHDI  utamanya dalam pengembangan kepariwisataan yang saat ini belum tergali secara optimal.

Diantaranya, pengembangan wisata alam dan religi (situs agama Hindu tertua di Muara Kaman) serta seni budaya masyarakat Bali.

“Bersama-sama kita mengembangkan wisata alam (ecotourisme), wisata religi dan seni budaya. Sebab, Bali cukup terkenal wisata budayanya. Juga, kita bangun pertanian Kaltim ini agar masyarakat sejahtera,” ajak Awang Faroek.

Sementara itu Ketua PHDI Kaltim I Putu Sukre mengharapkan kepengurusan yang terbentuk harus menjalin komunikasi yang sinergis dengan pemerintah daerah.

“Kami terus melakukan evaluasi atas kinerja organisasi dan komunikasi serta kerjasama dengan pemerintah hendaknya lebih baik utamanya bersama mewujudkan pembangunan Kaltim yang lebih baik,” ujar I Putu Sukre.

Loka Sabha dilaksanakan satu hari dan diikuti seluruh ketua dan sekretaris PHDI kabupaten dan kota se-Kaltim. Tampak hadir jajaran Forkopimda Kaltim. (yans/sul/ri/humasprov)

Berita Terkait