Kalimantan Timur
Gubernur Buka Pemilihan Kanda Dinda Duta Budaya Kaltim 2021

foto:kyky/humasprovkaltim

BALIKPAPAN - Sedikitnya 23 pasangan kontestan mewakili delapan kabupaten dan kota se-Kaltim mengikuti Pemilihan Kanda Dinda Duta Budaya Provinsi Kalimantan Timur Tahun 2021.

 

Bagi Gubernur Kaltim Dr H Isran Noor, kegiatan pertama kali digelar di Benua Etam ini sangat penting sebagai salah satu upaya melestarikan serta mengembangkan seni budaya Kaltim, khususnya seni budaya bernuansa lokal.

 

"Generasi muda kita harus tahu dan diberi pemahaman Kaltim sangat beragam suku, adat istiadat dan seni budayanya," ungkap Gubernur Isran Noor saat membuka Pemilihan Kanda Dinda Duta Budaya Provinsi Kaltim 2021 di Ballroom Swiss-Belhotel Balikpapan Kamis (26/8/2021).

 

Bahkan menurut orang nomor satu Benua Etam ini, setiap kabupaten dan kota memiliki sendiri ciri khas daerahnya yang tergambar pada bahasa dan cara bicara atau berkomunikasi, cara berpakaian, adat istiadat, ekspresi seni budaya dan perilaku hidup sehari-hari.

 

Walaupun diakui mantan Bupati Kutai Timur ini, secara umum seni budaya Kaltim dapat tergambar pada bentuk atau jenis tari, musik. seni vokal dan  pertunjukan tradisional yang bisa dikategorikan berasal dari daerah pesisir, keraton dan pedalaman. 

 

"Melalui even ini semoga terpilih peserta terbaik yang memenuhi kriteria juara yang memiliki ilmu pengetahuan, berbakat dan berwawasan luas tentang daerahnya," harap Isran.

 

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kaltim Anwar Sanusi mengemukakan gelaran pertama kali di Benua Etam ini kerja sama Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kaltim dengan Dewan Kesenian Kota Balikpapan.

 

"Peserta berusia 16 - 25 tahun sebanyak 46 peserta (23 pasangan) dari 8 kabupaten dan kota (Kutai Timur dan Bontang tidak hadir). Kegiatan digelar sejak 26-28 Agustus," sebutnya.

 

Acara berjargon Tebarkan Pesonamu, Kenali Budayamu, Pancarkan Kemilaumu, Tunjukkan Pengetahuanmu dilakukan langsung dan virtual menerapkan protokol kesehatan Covid-19 secara ketat.

 

Hadir Wali Kota Balikpapan Rahmat Mas'ud, Bupati Penajam Paser Utara Abdul Gafur Mas'ud, Ketua Dewan Kesenian Kota Balikpapan, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan kabupaten dan kota se-Kaltim, para pendamping peserta dan juri.(yans/sdn/sul/humasprov kaltim)

Berita Terkait