Kalimantan Timur
Gubernur Buka Rakornis Sumber Daya Air

ist humaskaltim

BALIKPAPAN - Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor membuka Rapat Koordinasi Teknis Sumber Daya Air Provinsi Kalimantan Timur Tahun 2021 bertempat di Hotel Grand Tjokro Balikpapan, Selasa (30/3). Rakor bertema konservasi sumber daya air, pengendalian daya rusak air, dan pendayagunaan sumber daya air. 

 

"Atas nama Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur dan masyarakat menyampaikan selamat dilaksanakannya rakor teknis sumber daya air provinsi Kaltim yang ke-5. Mudah-mudahan berjalan dengan lancar, berkah dan menjadi amal untuk kita semua," harap Isran. 

 

Isran mengatakan, kita sangat memerlukan air. Namun, diakuinya persoalan ini tidak pernah selesai. Sebagai contoh di Samarinda, pada musim tertentu ada wilayah yang selalu terendam banjir. Karena daerahnya yang rendah. Meski demikian, berbagai upaya terus dilakukan pemerintah. 

 

Salah satunya, lanjut Isran, Pemprov Kaltim memberikan bantuan kepada Pemkot Samarinda untuk menormalkan kembali Sungai Karang Mumus. Karena sungai ini sudah dangkal sehingga daya tampungnya berkurang. Proyek ini juga terus diperjuangkan ke pusat dan diharapkan segera disetujui Bapenas dari 9 item yang diusulkan.

 

"Semakin berkembang jumlah penduduk, semakin banyak kita membutuhkan air, terutama air baku. Untuk keperluan IKN (Ibu Kota Negara) itu sangat mendasar, bukan main-main," turur Isran mengingat IKN telah ditetapkan berpindah ke Kaltim. Dia mengatakan, ground breaking peletakan batu pertama istana negara diperkirakan dilaksanakan pada Ramadan ini. 

 

Dalam Rakor ini, Isran berpesan agar para peserta harus benar-benar aktif memberikan pandangan sehingga dapat dirumuskan program yang dapat dilaksanakan secara strategis. 

 

Hadir dalam acara tersebut, Kepala Dinas PUPR Kaltim Aji Muhammad Fitra Firnanda, Kepala Biro Infrastruktur Lisa Hasliana. (yuv/ri/humasprov kaltim)

Berita Terkait