Gubernur Buka Rapim Evaluasi dan Pelaporan Pilgub 2018

Gubernur Kaltim pada Rapim KPUD se-Kaltim. (syaiful/humasprov kaltim)

BALIKPAPAN - Gubernur Kaltim Dr H Isran Noor membuka Rapat Pimpinan (Rapim) dalam rangka Evaluadi dan Pelaporan Pelaksanaan Pemilihan Gubernur (Pilgub) 2018 Menyongsong Pemilu 2019 di Balikpapan, Ahad malam (27/10).  

Rapim dihadiri Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Kaltim, KPU Pusat, perwakilan Parpol, TNI/Polri dan pihak terkait lainnya. 

Sekretaris KPUD Kaltim Syarifudin Rusli mengatakan rapim dimaksudkan untuk menilai keberhasilan dan kekurangan atau kendala yang dihadapi selama penyelenggaraan Pilgub. "Dari dana hibah Rp310 miliar KPUD Kaltim membagi ke seluruh KPUD Kabupaten/Kota dan berhasil menekan pengeluaran lebih dari Rp57 miliar yang akan kami kembalikan ke Kas Negara," katanya. 

Ketua KPUD Kaltim M Taufik menambahkan penggunaan dana dapat ditekan karena pihaknya cukup hemat dan selektif dalam penggunaan anggaran. Selain itu juga karena tidak ada gugatan dan masalah hukum yang dibawa sampai ke Mahkamah Konstitusi (MK), tidak ada calon perseorangan dan berhasil menekan biaya untuk pengadaan barang. 

Sukses Pilgub Kaltim juga diakui Komisioner KPU Pramono Ubaid Tanthowi. Alasannya, karena di Kaltim tidak ada pilgub ulang maupun penghitungan suara ulang. Pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur terpilih adalah Isran Noor-Hadi Mulyadi. 

Sementara itu Gubernur Isran Noor memberi apresiasi kinerja KPUD se-Kaltim. "Saudara semua telah bekerja dengan baik, tapi saya pesan teruslah bekerja dengan jujur dan berintegritas," tegas Isran. Rapim berlangsung selama tiga hari sampai Rabu (31/10). (ri/humasprov kaltim)

Berita Terkait