Kalimantan Timur
Gubernur Buka Virtual Banking dan Qris Expo 2021

foto:rian/humasprovkaltim

SAMARINDA – Gubernur Kaltim Dr H Isran Noor didampingi Kepala Perwakilan Bank Indonesia  (BI) Provinsi Kaltim Tutuk SH Cahyono dan Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Provinsi Kaltim Made Yoga  Sudharma, resmi membuka Virtual Banking dan Qris Expo 2021, yang dirangkai dengan Fitrah (Bulan Inspirasi Festival Qris dan Cinta Rupiah) serta Ramadan Berbagi dan Menginspirasi di Masa Pandemi.  

 

Isran Noor memberikan apresiasi kepada Perwakilan BI Kaltim yang telah meluncurkan program  Virtual Banking dan Qris  Expo 2021 maupun program Fitrah serta Ramadan Berbagi dan Menginspirasi di Masa Pandemi, dengan harapan dapat terus mendorong penggunaan  instrumen pembayaran non tunai menuju less cash society.

 

Isran Noor menyambut baik program ini, dengan harapan mendorong elektronifikasi transaksi  keuangan terus maju dan berkembang untuk mengubah transaksi pengeluaran dan penerimaan  pemerintah dari tunai menjadi non tunai melalui berbagai kanal pembayaran, serta dapat  mewujudkan efisiensi, efektifitas dan transparansi tata kelola keuangan pemerintah melalui  infrastruktur yang aman dan memadai.

 

“Oleh karena itu, kegiatan Virtual Banking dan Qris Expo 2021 ini, diharpakan menjadi media publikasi perbankan di Kaltim, guna mengedukasi masyarakat khususnya terkait program pembayaran  digital, termasuk mendukung mitigasi penyebaran Covid-19 khususnya di wilayah Kaltim,” tandas Isran Noor , Rabu (14/4/2021).

 

Isran Noor juga berharap kepada seluruh pelaku perbankan di Kaltim untuk terus mempersiapkan diri guna menghadapi era digitalisasi ini, melalui penguatan payment system dan digital system yang harus dibangun dengan baik.

 

“Saya juga mengajak pimpinan perbankan baik BUMN maupun swasta untuk turut  berkontribusi bagi peningkatan perekonomian para pelaku UMKM. Karena UMKM menjadi ujung tombak dalam mendorong perekonomian di daerah,” pesan Isran Noor.

 

Kepala Perwakilan BI Kaltim Tutuk SH Cahyono melaporkan Quick Response Indonesia Standard (Qris) Kaltim paling cepat perkembangannya di Kalimantan, dan melihat pertumbuhannya itu diatas rata-rata nasional maupun diatas Kalimantan secara umum.

 

“Kaltim adalah satu dari empat provinsi di Indonesia yang kategorinya sangat baik (hijau), yang lainnya kurang dan tidak baik. Artinya masyarakat Kaltim sudah sangat siap untuk menerima perkembangan digitalisasi, oleh karena itu tidak ada alasan bagi kita di era digital dan pandemi ini, kita terus menggalakkan aktivitas-aktivitas berbasis digital,” kata Tutuk SH Cahyono.

 

Pembukaan Virtual Banking dan Qris Expo 2021, yang dilaksanakan di Aula Maratua lantai IV Kantor Perwakilan BI Kaltim, selain berlangsung secara luring juga dihadiri pedagang pasar dimasing-masing daerah di Kaltim secara virtual, bahkan Gubernur Kaltim sempat melakukan teleconference dengan pedagang pasar di Sangatta. (mar/her/humasprov kaltim)

Berita Terkait