Gubernur Bukber IKPM Gontor, Awang : Jadilah Motor Penggerak Perbaikan Perilaku

Gubernur Awang Faroek Ishak bersama jajaran IKPM Gontor saat buka puasa bersama di Pendopo Laim Etam. (seno/humasprov kaltim)

SAMARINDA – Dalam rangkaian memuliakan Ramadan sekaligus meningkatkan silaturahim dengan komponen masyarakat, Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak menggelar buka puasa bersama (bukber) pengurus Ikatan Keluarga Pondok Modern (IKPM) Gontor Cabang Samarinda. Acara penuh jalinan kasih itu dihadiri jajaran anggota serta pengurus IKPM Gontor Balikpapan, Bontang dan Kutai Kartanegara digelar di Pendopo Lamin Etam, Kamis (7/6).

Pada kesempatan itu, Gubernur Awang Faroek menegaskan pemerintah memerlukan dukungan seluruh komponen masyarakat di daerah termasuk IKPM Gontor dalam pembangunan  karakter bangsa. “Saya minta alumni yang tergabung dalam IKPM Gontor, jadilah motor penggerak perubahan dan perbaikan perilaku masyarakat, khususnya generasi penerus bangsa,” katanya.

Menurut Awang, para alumni Gontor memiliki peran strategis sebagai mitra kerja pemerintah dalam membangun pendidikan karakter agar terhindar dari prilaku negatif. Diakuinya, kondisi saat ini memprihatinkan terkait masalah sosial seperti tingginya angka prevalensi penyalahgunaan narkoba di wilayah Kaltim.

Lebih memprihatinkan lagi lanjutnya, narkotika lebih banyak menyerang generasi muda dari pelajar hingga mahasiswa bahkan menjadikan Kaltim pada ranking ketiga secara nasional. Belum lagi permasalahan sosial lainnya ujar gubernur, yang memerlukan dukungan dan perhatian semua pihak sebab tidak mungkin hanya mengandalkan pemerintah dan instansinya.

Termasuk upaya meningkatkan ekonomi kemasyarakatan yang memiliki potensi begitu besar namun tidak terkelola optimal melalui orang-orang terdidik secara agama dan terampil. “Inilah maksud saya. Bagaimana alumni Gontor ikut memperbaiki perilaku masyarakat agar terbentuk generasi yang berakhlak, berkualitas dan mandiri secara ekonomi,” harap Awang.

Gubernur menambahkan dirinya telah menetapkan program prioritas daerah membangun sumber daya manusia Kaltim yang berkualitas, unggul, berdayasaing dan berakhlak mulia. Sementara itu Ketua IKPM Gontor Cabang Samarinda Muhammad Farid Wadjdy mengatakan para alumni Gontor tersebar di seluruh wilayah kabupaten dan kota se-Kaltim. “Anggota kami ribuan orang di seluruh Kaltim dan aktif dalam kegiatan kemasyarakatan mendukung program pemerintah baik dunia pendidikan dan keagamaan, ekonomi bahkan pemerintahan,” ujarnya. Acara dihadiri Asisten, Staf Ahli dan Tenaga Ahli Gubernur, serta para alim ulama dan pimpinan pondok pesantren. (yans/sul/humasprov)

Berita Terkait
Government Public Relation